Oleh: Founder Klinik As syifa

Sudahkah Anda menggunakan Garam Hinalaya / Himsalt sebagai solusi sehat ketika garam Laut sudah tercemar?

Himalaya Salt atau Garam Himalaya bukanlah garam biasa yang berasal dari laut ataupun tambak garam. Namun berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia, Khewra Salt Mine, di kaki pegunungan Himalaya, Pakistan.

Himsalt merupakan salah satu garam paling murni di dunia. Garam ini terkubur selama ribuan tahun di bawah lapisan lava, salju, dan es.

Tidak seperti garam meja umumnya, himsalt tidak mengalami pemrosesan, sehingga tidak ditambahkan zat aditif ke dalamnya. Hal ini membuat himsalt sangat murni dan mempunyai konsentrasi mineral dan warna yang masih alami.

Warna pink pada himsalt berasal dari mineral zat besi yang ada di dalamnya.

Himsalt memiliki banyak keunggulan, beberapa diantaranya adalah :

● Selain komposisi utamanya berupa NaCl, himsalt juga banyak mengandung mineral lain (magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, fluoride, yodium, seng, selenium, tembaga, dll),
● Mengandung antimikroba, bisa dibuat bahan pengawet makanan,
● Natrium dalam himsalt berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi, juga mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada kulit,
● Menjaga keseimbangan cairan dan hidrasi dalam tubuh,
● Membantu mencegah kram otot dan masalah otot lainnya,
● Menyeimbangkan pH tubuh,
● Mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi),
● Meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi makanan, menjaga kesehatan pembuluh darah, kekuatan tulang, fungsi saluran pernapasan, ginjal, dan kandung empedu.

Himsalt mengandung lebih sedikit natrium dibandingkan dengan garam meja. Dalam seperempat sendok teh, garam meja mengandung 600mg natrium, sedangkan himsalt hanya 420mg natrium. Hal ini menjadikan himsalt dapat membantu Anda dalam mengontrol tekanan darah.

Himsalt baik dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif, penyakit ginjal, atau sirosis hati.

Asupan natrium yang berlebihan dalam tubuh tentu tidak baik. American Heart Association (AHA) merekomendasikan asupan natrium tidak lebih dari 2300mg/ hari untuk semua orang, dan batas konsumsi natrium tidak lebih dari 1500mg/ hari untuk orang dewasa, terutama yang mempunyai masalah dengan tekanan darah.

Yuk kembali konsumsi herbal untuk menghindari obat-obatan kimiawi.