Oleh: Muzakkani Binti Quddus (Aktivis Dakwah Remaja)

Penutupan sekolah dan pembatasan aktivitas di luar rumah demi mencegah penyebaran COVID-19 membuat remaja ikut terdampak masa mudanya. Mulai dari anak sekolah paud hingga yang kuliah, semua akhirnya diberlakukan aktivitas sekolah online dari rumah, mau gak mau para penempuh pendidikan harus belajar dari rumah ni, pastinya akan di rumah terus deh. Yang menjadi perhatian nih, banyak remaja yang akhirnya mengeluh bosan dengan aktivitas di rumah aja, habis mau gimana lagi ya? Sekolah harus online, tempat2 hiburan banyak yang tutup, abis gitu mau jalan-jalan gak boleh, lengkap deh rasa bosan para remaja
Eits, tapi sebenarnya kamu bisa loh lawan bosan kamu saat di rumah aja sobat, banyak cara yang bisa kamu kerjakan yang membuat kamu betah di rumah aja.

Ini nih tips buat kamu para remaja melawan bosan saat di rumah aja:

1. Asyik Berkreasi

Saat kamu bosan dan jenuh di rumah aja, kamu bisa coba berkreasi sobat, remaja kekinian gituloh! pasti ada ide kreasi yang muncul, apalagi di zaman tekhnologi yang serba canggih ini, kamu bisa temukan banyak kreasi di sosmed seperti google, youtube, Instagram, facebook dan media social lainnya kamu bisa gunakan barang-barang bekas di rumah untuk membuat kreasi, seperti membuat tempat pensil dari kardus bekas, atau pot bunga dari botol bekas atau kamu bisa buat kreasi-kreasi yang lebih unik lagi, pasti seru dan InsyaAllah hilangkan kebosanan mu sobat.
Menulis yang Berpahala.

2. Menulis

Hah? Nulis berpahala? Emang ada? Ada dong guys, bagi kamu yang lagi bosen nan jenuh di rumah aja, kamu bisa isi waktumu dengan menulis, tapi nulisnya nulis yang berpahala agar tulisanmu gak sia-sia, karena pahala bisa jadi modal kamu hingga ke Surga kelak. Mantap kan? Kamu bisa menulis cerpen yang islami, menulis tulisan yang bisa menginspirasi orang-orang untuk hijrah atau mungkin meninspirasi teman-teman mu agar taat sama Allah. Ceramah donk? Hehe, kamu harus memang berfikir lebih luas lagi sobat, bahwa mengajak orang untuk mentaati Allah bukan hanya dengan ceramah tapi bisa juga lewat tulisan-tulisan yang kamu buat. Nguntungin deh pokoknya. Nih ya, kalau misalnya kamu menulis tentang ajaran Islam misalkan hukum berpacaran di dalam Islam dan banyak yang baca tulisan kamu lalu sadar dan menjalankannya maka kamu InsyaAllah dapat pahala jariyah tuh, menggiurkan kan? Makanya ayo banyak menulis ajaran Islam yang tema-temanya dekat dengan kehidupan remaja pastinya ya.

3. Lakukan Hobimu yang Positif

Bagi remaja seperti kamu, pasti banyak hobi yang bisa lawan kebosanan kamu saat di rumah aja guys, tapi pastikan hobi yang kamu lakukan positif agar tidak rugi, jangan sampai mau lawan bosen dengan hal-hal yang membuat waktumu sia-sia ya, banyak hobi positif yang bisa kamu lakukan seperti membaca sejarah tentang para nabi, sejarah para sahabat nabi atau bacaan-bacaan inspiratif seperti penaklukan Konstatinopel ddi tangan Al-Fatih dan banyak bacaan yang menginspirasi kamu untuk menjadi hamba Allah yang luar biasa.
Kalau remaja kekinian ada tambahan hobi baru nih, yaitu nonton youtube. Hehe, bagus tuh tapi kalo tontonan kamu menjadikanmu cerdas dan meraih ridha Allah tentunya. Nah, bagi kamu yang hobi nonton youtube kamu bisa melihat tontonan-tontonan yang mencerdaskan kamu seperti; nonton channel kajian-kajian remaja, atau nonton channel edukasi tentang amtematika, sains atau mungkin channel belajar Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa lainnya, ingat! Kamu bisa menguasai dunia dengan menguasai banyak Bahasa loh,, menarik kan? Atau mungkin kamu hobi masak? Pas banget tuh di youtube banyak resep-resep masakan enak yang bisa kamu pelajari. Pokonya menyenangkan deh melakukan hobi positif, sangat-sangat baik bagi kamu untuk menambah skil dan wawasanmu.

Nah, itulah tips-tips melawan bosan saat kamu di rumah aja sobat. Selamat mencoba ya!!