Oleh: Nurul Aini

Sudahkah kita menghafal Al-Qur’an tapi tidak hafal-hafal? sudah berusaha seoptimal tapi masih saja lupa? Ditambah lagi dengan membuat target hafal 2 juz namun tak tercapai hingga membuat semangatmu down? pernahkah teman-teman mengalami seperti itu?

Sudah jangan bersedih hati kalau teman-teman sudah berusaha menghafal tapi tak kujung hafal. Bisa saja itu cara ALLAH agar kita selalu dekat dengan Al-Qur’an. Kan masih tetap dapat pahala kan. Dan ingat juga ya teman-teman jangan terlalu terburu-buru dalam menghafal, karna terkadang bisa jadi itu yang membuat hafalan kita cepat hilang. Kan terburu-buru itu pekerjaan syaitan loh.

ALLAH juga menjanjikan kepada para penghafal qur’an agar kelak al-qur’an itu sendiri yang akan memberi syafaat kepada para penghafalnya.

Dari Abu Umamah al-Bahili radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Rajinlah membaca al-Quran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat. (HR. Muslim 1910).

Alangkah indahnya hidup kita ini andai selalu kita gunakaan membaca Al-Qur’an apalagi sampai mengamalkannya.

Seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, “Orang yang tidak mempunyai hafalan Al Quran sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh.” (HR. Tirmidzi).

Nah tetap semangat ya teman-teman menghafal Al-Qur’an, walaupun sudah menghafal tapi tak kunjung hafal. Ingat menghafal al qur’an tidak sulit hanya saja ia akan berada pada jiwa-jiwa yang bersih.