Oleh : Neno Salsabillah

Puasa ramadhan salah satu kewajiban yang tidak ditemukan di bulan yang lainnya. Selama berpuasa tentu kegiatan positif atau ibadah kita harus lebih optimal. Walau di rumah aja banyak kok aktivitas yang bisa bikin kita produktif. Karenanya, agar tetap produktif saat puasa. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

1. Penuhi Gizi di waktu sahur.
Kegiatan saur kadang agak malas, apalagi jika kita sebagai orang tua harus membangunkan anak-anak dan mempersiapkan makan saur mereka agar semangat. Dengan cara mencukupi kebutuhan protein dan serat agar tubuh tetap fit selama berpuasa. So, hindari makanan berminyak seperti gorengan, makanan yang terlalu manis dan tinggi gula.

2. Olahraga yang cukup
Olahraga yang ringan, bisa membuat badan kita lebih segar dan semangat dalam beraktivitas. Tapi jangan yang berat-berat ya, cukup jalan di tempat atau perenggangan badan ringan aja.

3. Jangan makan berlebihan saat buka puasa. Upayakan makan kurma terlebih dahulu seperti yang Rasulullah ajarkan. Karena kadang sebelum berbuka kita cuma lapar mata aja. Berbagai takjil dan makanan dibikin atau dibeli, ujung-ujungnya malah gak habis karena kekenyangan. Bener gak?
Selain itu bisa jadi timbul gangguan pencernaan karena berlebihan saat berbuka puasa. Jadi ketika berlebih makanan alangkah baiknya kita berbagi kepada yang membutuhkan.

4. Jaga Hidrasi Tubuh.
Cara mudah agar tetap terhidrasi selama bulan puasa yaitu perbanyak minum air putih di waktu sahur dan buka. Bisa juga ditambah dengan minum air putih yang cukup setelah tarawih.

5. Tidur dan istirahat secukupnya. Jangan mentang-mentang puasa, karena lemas kita asik rebahan di kamar aja. Justru itu semakin membuat kita malas gerak dan mudah lemas. Dengan perubahan waktu bangun dan tidur pada bulan ramadhan ini insya Allah dengan rutinitas yang disiplin justru membuat badan kita sehat
.
Jadi tetap semangat ya menjalani puasa di masa pandemi ini. Ramadhan kali ini memang berbeda namun tetap istimewa. Semoga Allah senantiasa memberkahi segala aktivitas kita. Aamiin