Senin, 20 April 2020
Oleh Yanti Maryanti

Hari H-4 menjelang ramadhan, hatiku terketuk untuk selalu berkarya, tak terhalang dengan datangnya covid’19. Buat saya himbauan pemerintah untuk tinggal dirumah, ditengah wabah Corona dengan tujuan memutus siklus Corona dari satu tempat/ orang ketempat lain/ orang lain.

Usaha itu kusambut gembira, karena bagaimanapun ada hikmah dibalik musibah.
Ketika kita mentaati aturan ditengah wabah berarti kita mendukung program pemerintah untuk kesehatan rakyatnya.

Ditengah wabah Corona, kita sambut bulan suci ramadhan, tentunya situasi dan kondisinya akan sangat berbeda dengan tahun lalu. Aktifitas bulan ramadhan ini difokuskan pada Illahi, memperbanyak ibadah dan amal shaleh.

Hanya yang membedakan adalah kita memperbanyak ibadah di rumah.
Cukupkah kebijakan Social Distancing, anjuran jaga jarak, kerja di rumah, belajar di rumah, hindari area publik.

Seperti yang dijelaskan dalam QS. Al-Ahzad ayat 33 yang artinya : Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.
surat-al-ahzab-ayat-33.

Meski waktu kita habiskan dirumah tetap tak membatasi untuk belajar, bekerja dan berkarya. Kita sambut Ramadhan dengan gembira, mengapa ??
Ramadhan bulan maghfirah dan bulan penuh berkah diantara bulan yang lain.

Rasulullah SAW bersabda,

أتاكم رمضان شهر مبارك. فرض الله عز وجل عليكم صيامه، تفتح فيه أبواب السماء، وتغلق فيه أبواب الجحيم، وتغلّ فيه مردة الشياطين، لله فيه ليلة خير من ألف شهر، من حرم خيرها فقد حرم

Artinya: “Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan” (HR. Ahmad)

“Writing Web Challenge Rumedia –

Berkarya Meski Pandemi Corona“.

day1