Oleh: Ummu Hilya (Ciomas)

Di tengah kondisi pandemi yang masih belum menunjukkan kurva penurunan jumlah penderita Covid-19, secara bertahap pemerintah akan membuka tempat-tempat keramaian yg berkaitan dengan pergerakan ekonomi, seperti mall, pasar saham, dan pusat perbelanjaan yg lain. Selain itu, perkantoran diperbolehkan buka kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

PSBB yang selama ini digalakkan oleh pemerintah dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, akan segera berakhir dan masyarakat kembali pada kehidupan normal seperti sebelum pandemi ini terjadi. New normal life. Tetapi, bila kita telaah lebih lanjut, pembukaan mall ataupun perkantoran yg katanya bertujuan untuk menggerakkan kembali roda ekonomi yg telah terpuruk, sejatinya adalah pesanan para elit pengusaha agar bisnis mereka kembali bangkit. Sementara roda ekonomi real yang berputar di tengah masyarakat tidak begitu diperdulikan, karena tidak memberikan keuntungan yang besar bagi pemerintah.

Ya, di tengah pandemi ini, dengan kebijakan bertahap dari pemerintah, yang akan menerapkan the new normal life namun, kita tetap harus waspada dan hati-hati terhadap penyebaran virus ini, karena virus ini tak kasat mata. Tetap harus menjaga jarak aman, menggunakan masker bila bepergian dan sering cuci tangan menggunakan sabun.Tak lupa berdoa kepada Allah semoga pandemi ini segera berakhir. Wallahu a’lam