Oleh: Yanti Maryanti

Kehidupan yang Allah berikan kepada hamba-Nya tidak pernah ada yang tahu, hari esok kita akan melakoni peran sebagai apa? Semua adalah RAHASIANYA.

Allah berikan kehidupan pada manusia saling berpasangan. Sebagaimana dalam Al -Qur’an surat Yasin ayat 36 yang artinya ;
“Maha suci Allah yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh Bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.”

Sebagai contoh sudah ditemukannya atom
sejak jaman dulu yang bermuatan positif dan negatif, hikmahnya adalah memiliki muatan arus listrik. Laki-laki dan perempuan dipasangkan untuk bisa menghasilkan keturunan.

Jika dalam proses kehidupan terjadi bergesekan suatu hal yang wajar, ingat kemarau takkan selamanya dan akan tergantikan dengan hujan datang, tidak ada suatu permasalahan jika tiada solusinya.
Namun percayalah telah diatur garis kita apapun oleh Allah SWT.

Dalam surah Al-Baqarah : 286 berfirman yang
artinya : “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.

Kita tak pernah tahu kapan, manakala musibah datang atau ketika kita benar-benar diuji sama Allah SWT, untuk menaikkan derajat seseorang, tapi hasil tidak dapat membohongi perjuangan. Kadang perjuangan itu harus ditebus dengan derai cucuran air mata. Satu titik derai air mata sebagai saksi dari perjuangan dan derai air mata menjadi sebuah permata.

Tidak sedikit pula banyak orang dalam perjuangannya yang menggunakan jalan pintas, apalagi dengan menggadaikan iman kita, contoh karena ujian hidup kekurangan ekonomi, dengan mencopet, tidak berpikir resiko yang akan kita terima nanti.

Sampai dimana kita kuat dalam perjuangan hidup ketika dihimpit kesulitan.
Yakinlah Allah akan memberi kemudahan dibalik ujian yang Allah SWT beri untuk kita

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 5)

“Usaha harus ada ujian dan tantangan
Supaya kuat mentalnya dan bagaimana cara kita untuk maju keluar dari masa sulit itu
Walaupun ada batu sebagai rintangannya harus dihadapi dengan kesabaran”,

Semua itu pecut bagi kita, bisa belajar dan tegar . Bahumu kuat sekuat baja dan hatimu tegar setegar batu karang. Seberat apapun masalah kita, jangan takut kita tidak sendiri. Ada yang Maha Tahu dari skenario yang kita lakoni, yaitu Allah SWT.

Tak ada artinya masalah yang kita hadapi kecuali dengan rasa syukur, dibalik semua itu tersimpan hikmah.