Oleh: R. Andar Dwi

Allah membagi manusia menjadi dua golongan yaitu ahli neraka dan ahli surga. Surga diberikan kepada kaum yang bertakwa dan ahli neraka diberikan kepada ahli pendosa. Agar kita dimasukkan dalam barisan ahli surga kita harus benar benar mengamalkan Islam secara Kaffah

Islam adalah agama yang Syamil (menyeluruh) mengatur segala perkara, aqidah, ibadah, akhlak, makan, pakaian, muamalah, uqubat(sanksi hukum) tidak ada perkara yang luput dari syariat Islam, Allah berfirman dalam surat An Nahl : 16: 89 ” Dan kami turunkan kitab Al-Qur’an kepada mu untuk menjelaskan segala sesuatu sebagai petunjuk serta Rahmat dan kabar gembira bagi orang yang berserah diri”.
Islam merupakan agama yang kamil (sempurna) tidak sedikitpun memiliki kekurangan Allah berfirman dalam QS. Almaidah 5:3 ” Pada hari ini telah Aku sempurna kan agama mu untuk mu,dan telah Aku cukup kan nikmat Ku bagimu dan telah Aku Ridhai Islam sebagai agama mu”.

Tentu sebuah kelancangan jika kita menganggap ada hal hal yang tidak diatur oleh islam. Misalnya ada yang berpendapat bahwa Islam tidak mengatur urusan negara dalam bentuk negara karena tidak ada perintahnya secara tekstual dalam Al-Quran, pendapat seperti ini bentuk dari cara berpikir yang dangkal sebab alasannya semata mata tekstual, padahal banyak agama dan hukum islam yang tidak secara tekstual dinyatakan oleh Al Qur’an tetapi dijelaskan oleh As Sunnah, ijma sahabat atau qiyas
Contohnya Al-Qur’an secara tekstual hanya memerintahkan sholat. Tetapi tidak menjelaskan syarat dan rukun sholat ketentuan rinci tentang sholat, hal tersebut akan dijelaskan oleh As Sunnah. contoh lain Al-Qur’an secara tekstual menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba tetapi didalam Al-Qur’an tidak dijelaskan syarat syarat dan rukun Jual beli dan macam macam akad Ribawi.

Begitu juga tentang penyusunan negara, Al-Qur’an tidak secara tegas menentukan sistem dan bentuk negara namun ketentuan tentang sistem dan bentuk negara dijelaskan banyak pada As Sunnah atau ditegaskan oleh ijma sahabat. Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah 2:208 “Wahai orang orang yang beriman! Masuk lah ke dalam Islam secara keseluruhan”.
Allah menyeru pada hambanya yang mengikutiNya dan membenarkan rasul Nya untuk mengambil seluruh ajaran dan syariah Islam . Melaksanakan seluruh perintah dan meninggalkan larangan-Nya. Wallahu A’lam.