Oleh : Lilik Yani

Pemuda sebagai sosok muda yang dinamis, penuh energi dan optimis. Pemuda diharapkan dapat menjadi agen perubahan. Mereka memiliki ide-ide segar, pemikiran-pemikiran kreatif sehingga dunia tidak hanya dihadapkan dengan pemikiran-pemikiran lama yang itu-itu saja yang tidak pernah berkembang.

Pemuda diharapkan menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik dari pemimpin masa kini.
Pemuda akan menjadi pihak yang mendorong terjadinya tranformasi dunia ke arah yang lebih baik melalui perbaikan dan pengembangan.

Pemuda Sebagai Agen Perubahan

Ada lima karakteristik pemimpin yang baik, yang harus ada dalam diri sesorang agen perubahan.

1. Memiliki Visi Cemerlang

Sebagai pemimpin seseorang harus memiliki target yang jelas sehingga program kerja dapat disusun dengan baik dan memakai tahapan berkesinambungan, karena arah yang dituju jelas.

Pemimpin yang baik harus menjelaskan ide dan konsep yang ada dalam pemikirannya secara jernih, kepada orang lain. Terutama kepada tim kerjanya.

2 Memiliki kegigihan untuk mencapai target.

3. Bersikap kritis dan analitis
Pemimpin yang baik harus bernalar dan menggunakan akalnya. Tidak ada yang di telan mentah-mentah tanpa mengerti substansinya.

4. Sarat dengan pengetahuan dan memimpin dengan memberikan contoh, bukan instruksi.

5. Membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang sekitar, dengan membangun kepercayaan.

Pemuda dibutuhkan sebagai agen perubahan dalam berbagai sektor, termasuk didalamnya sektor politik.
Politik bagi banyak orang dianggap sebagai perebutan kekuasaan demi jabatan dan uang. Akibatnya banyak anak muda berpotensi, tapi menghindari dan tidak peduli politik.

Padahal makna politik di sini adalah berjuang maksimal untuk memperhatikan urusan umat. Semua dilakukan dalam rangka tercapainya kesejahteraan umat.

Generasi milenial harus bisa bertindak sebagai agen perubahan. Tetap optimis dan tidak berhenti melakukan langkah-langkah perbaikan, termasuk sektor politik.
Mereka harus peduli dengan kualitas politik negerinya dan berani terjun untuk memperbaikinya. Karena perbaikan politik hanya akan terjadi pada saat orang-orang baik, penuh semangat, profesional dan memiliki intregitas masuk ke dalam politik.

Tantangan Generasi Milenial

Generasi milenial adalah generasi yang sangat mahir dalam teknologi. Dengan keahliannya di dunia teknologi dan sarana yang ada, generasi milenial memiliki banyak peluang untuk bisa berada jauh didepan dibandingkan generasi sebelumnya.

Sayang generasi milenial cenderung lebih tidak peduli terhadap keadaan sosial. Mereka cenderung lebih fokus pada pola hidup kebebasan dan hedonisme. Mereka cenderung menginginkan hal yang instan dan tidak menghargai proses.

Di era perkembangan teknologi, segala sesuatu bergerak cepat, dunia menjadi tanpa batas. Informasi dapat di peroleh dimana saja dan dari siapa saja. Maka dari itu generasi milenial harus bijak dalam penggunaan media sosial.

Kita akan menjadi generasi yang pintar, apabila menggunakan media sosial secara benar. Sebaliknya kita bisa menjadi penyebar hoax dan menjadi bodoh apabila kita menggunakan media sosial dengan cara tidak benar.

Di era ini dengan segala kecanggihan tehnologi, tingkat persaingan juga semakin tinggi. Kinerja manusia dituntut semakin tinggi. Maka generasi milenial harus mampu beradaptasi dengan cepat. Belajar menjadi baik dalam waktu cepat. Serta melakukan kreatifitas untuk dapat memecahkan setiap masalah. Jika tidak, maka posisi kita akan digantikan oleh robot atau program komputer.

Wahai pemuda milenial, sudah siapkah kalian melanjutkan estefet perjuangan? Untuk menyampaikan kebenaran? Agar negeri ini sejahtera dengan keimanan yang semakin meningkat.

Wahai pemuda milenial, walau banyak rintangan yang menghadang
Sandarkan segala resah dan kesulitanmu kepada Allah swt
Mohonlah bimbinganNya, libatkan Allah dalam setiap kesulitan
Semoga selalu ada jalan keluar terbaik buat semuanya

Wahai pemuda milenial, di pundakmu ditaruh amanah besar
Bersiap siagalah
Persiapkan bekal iman dan seperangkat persenjataan perang
Jika ada musuh menghadang
Maka lawanlah dengan sikap terbaik dan tetap bersemangat
Semoga kemenangan berpihak pada kalian.

Wahai para pemuda milenial
Selamat berjuang dengan segenap jiwa raga
Jangan pernah berhenti
Hingga Allah memenangkan Islam Panji tauhid kembali berkibar dengan gagah.
Dan kalian tercatat sebagai bagian yang memperjuangkannya
Karena kalian adalah pemuda milenial pelanjut estafet perjuangan. Wallahu a’lam bisshawwab