Karya: Warjianah
(Pemalang, Jawa Tengah)

Kebijakan PSBB tidak membuat masalah selesai melainkan, memunculkan masalah baru yakni rakyat menjerit akibat sulitnya memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga kebijakan PSBB diganti dengan di terapkannya Sistem New Normal.

Ternyata di saat Sistem New Normal di terapkan, penyebaran covid-19 semakin meningkat. Berdasarkan datanya hingga saat ini saja penambahan jumlah positif baru covid-19 mencapai 1.447 kasus, sehingga total kasus positif mencapai 62.142 kasus. Yang dinyatakan sembuh 28.129 dan meninggal 3.089. (4/7/20)

Kebijakan pemerintah untuk menangani kasus covid-19 nyatanya masih saja belum tuntas bahkan menimbulkan munculnya masalah baru. Jika saja penanganan permasalahan ini pemerintah menerapkan aturan islam, dengan melakukan dua poin, yakni pertama, menjamin terpeliharanya kehidupan normal di luar area terjangkit wabah; kedua, memutuskan rantai penularan secara efektif, yakni secepatnya sehingga orang tercegah dari bahaya infeksi.

Dua point itu ternyata tercermin pada 5 prinsip islam dalam menuntaskan rantai penularan wabah. Pertama, penguncian area wabah (lock down syar’i); kedua, pengisolasian yang sakit; ketiga, pengobatan segera hingga sembuh bagi setiap orang yang terinfeksi meski tanpa gejala; ke empat, social distancing; ke lima, peningkatan imunitas (daya tahan) tubuh.