Oleh : Ummu Hafidz ( Anggota Komunitas Setajam Pena)

Jadikan Khilafah Solusi Untuk Pandemi
Oleh : Ummu Hafidz ( Anggota Komunitas Setajam Pena)

Tahun 2000 kata khilafah masih asing ditelinga umat muslim. Akhir-akhir ini Khilafah semakin hari semakin menggema disuruh penjuru dunia. Ide Khilafah sudah menjadi perbincangan disemua kalangan, baik kalangan orang kecil maupun kalangan orang intelek,baik kalangan orang biasa maupun kalangan orang berpolitik. Bumingnya Khilafah karena mengusung ide-ide Islam yang dengan tuntas mengatasi problematika umat, seperti pada saat ini dunia digoncang dengan adanya Pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan krisis ekonomi yang tidak ada kepastiannya kapan akan berakhir. Yang menyebabkan perekonomian semakin hancur.

Menurut Kepala Ekonomi CIMB Niaga Adriana Panggabean melihat krisis ekonomi global 2020 memiliki karakteristik yang berbeda,jika dibandingkan krisis 1997-1998 maupun krisis 2008. Menurutnya, dibutuhkan solusi global untuk mengatasi krisis ekonomi yang terjadi saat ini. “Solusi global diperlukan guna mengatasi krisis ekonomi 2020 yang terjadi akibat Pandemi Covid-19 “. dalam diskusi Virtual- sahan BUMN Pasca Covid-19, Jakarta Ahad(26/4)

Dampak dari Pandemi Covid-19, mayoritas negara mengalami resesi ekonomi, dalam krisis ini terjadi disegala lini usaha, mulai usaha kecil, menengah,dan usaha besar, juga berdampak pada pariwisata, perindustrian dan perdagangan. Dampak Covid-19 menghancurkan perekonomian dunia. Tahun ini diprediksikan merosot ke-3% (Baca : posisi kesiapan Industri di dunia Hadapi Ledakan Covid-19).

Akibat Pandemi Covid-19 lebih parah dibanding tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar negara menghadapi krisis yang menyebabkan ekonomi aktifitas perekonomian, seperti yang disampaikan Asakawa, bahwa Pandemi Covid-19 sangat mungkin menimbulkan gelombang kedua dan ketiga yang kemudian akan berdampak pada kemerosotan ekonomi yang lebih dalam lagi. Saat ini saja, berbagai negara sudah dihadapkan pada tantangan besar akibat Pandemi yang berdampak pada masyarakat dan dunia usaha (KONTAN . CO . ID – MANILA).

Terlepas dari semua teori konspirasi yang berkaitan Pandemi Covid-19, ada satu pola yang besar ditengah terjadinya dibanyak negara, yang tidak ada kesiapan berbagai pemerintah dalam menangani Pandemi, jumlah pasien meninggal dan kasus positif secara fluktuatif terus bertambah. Resesi ekonomi dunia mengakibatkan meningkatnya pengangguran tinggi,dampak buruk tersebut menjadikan sebuah negara gagal disebabkan dasar yang diemban adalah dasar yang lemah yaitu idiologi kapitalisme untuk mengatur tatanan negara sehingga hilanglah kemampuan negara untuk mensejahterakan rakyat dan mengentaskan masyarakat dari wabah Covid-19.

Untuk itu penyelesaian persoalan Covid-19 kembali kepada ILLAHI Sang pembuat aturan yang telah diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai rosul juga sebagai pemimpin umat seluruh dunia. Penyelesaian masalah Pandemi Covid-19 harus di jalankan negara yang beridiologi Islam, Yaitu khilafah bukan negara yang beridiologi kapitalis. Sistim Khilafahlah yang telah terbukti mewujudkan dan wujud nyapa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW.” Jika kalian mendengar suatu negeri dilanda wabah maka kalian janganlah memasukinya dan jika kalian berada ditempat tinggali janganlah kalian meninggalkan”. (HR.Bukhori Muslim).

Inilah yang dilakukan Rosul, para sahabat dan para kholifah saat menghadapi wabah, sehingga wabah tersebut tidak meluas ke daerah-daerah lain yang tidak terkena wabah.Disinilah peran negara untuk memberi fasilitas kepada rakyatnya yang terdampak wabah pandemi.Bagi yang sakit dibiayai negara dengan fasilitas yang memadai dan dokter-dokter yang profesional,pada akhirnya yang sakit segera sembuh,dan yang sehat dibantu negara dalam kebutuhan pokok.Negara mempunyai tanggungjawab dan kewajiban memberi atas hak setiap warga negara harus terjamin pemenuhannya secara sempurna.

Darimana sumber dana yang diberikan rakyat oleh negara ?
Kas negara khilafah disebut Baitul Mal. Sumber pemasukan Baitul Mal adalah fai’, ghanimah, kharaj, jizah dan zakat.

  1. Fai’ adalah : hak yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada kaum muslim yang berasal dari harta rampasan perang tanpa mengerahkan kekuatan perang.
    2 . Ghanimah adalah : hak yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada kaum muslim berupa harta rampasan perang melalui pengerahan kekuatan senjata.
    3 . Kharaj Adalah : hak yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada kaum muslim atas tanah yang dirampas dari tangan kafir dengan cara perang maupun damai.
    4 . Zakat Ahahah: harta yang diambil dari kaum muslim yang mampu dan diberikan kepada 8 asnaf.

Kebijakan inilah yang seharusnya diambil pemerintah dan dijalankan sesuai yang di syariatkan Islam. Tapi faktanya, solusi yang disodorkan yaitu solusi Islam kepada pemerintah dianggap solusi negatif, menurut mereka solusi Islam bertentanga dengan apa yang mereka emban. Khilafah hanya cocok digunakan kegiatan keagamaan belaka.
Semoga dengan wabah Pademi Covid-19 ini menyadarkan dunia, menyadarkan para pemimpin dunia,menyadarkan umat manusia disuruh dunia untuk kembali kejalan ILAHI yang kebenarannya pasti. Wallahu. A’lam Bisshowab.