Oleh: Tika
Pemerhati Remaja

Siapa yang tidak mengenal aplikasi Tik Tok? Hampir semua orang mengenalnya apalagi remaja milenial. Tik Tok dikenal sebagai Douyin sebuah jaringan sosial platform video musik Tiongkok yang diluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming pendiri Tartiao (wikipedia).

Aplikasi tersebut membolehkan para penggunanya untuk membuat video musik pendek mereka sendiri, maka tidak heran Tik Tok sangat digandrungi khususnya di Indonesia dari anak-anak hingga kakek nenek.

Tetapi, ternyata Tik Tok memiliki bahaya yang tersembunyi yang akan berakibat fatal bagi generasi muda. What?

Tidak percaya! Di dalam Tik Tok banyak sekali konten-konten yang berbau pornografi, tarian-tarian yang mengundang syahwat bahkan sampai yang mengumbar aurat. Tidak hanya itu pengguna Tik Tok demi mendapat jumlah like yang banyak mereka rela melakukan hal-hal aneh dan berbahaya. Bahkan mereka tidak segan-segan melecehkan agama agar menjadi viral. Miris.

Jadi apakah ada faedahnya bermain Tik Tok? Kagak. Selain membuang waktu untuk membuat konten yang tidak bermanfaat, juga bisa panen dosa lho. Oh No!
apabila konten yang dibuat berisi kemaksiatan.

Maka sebagai seorang muslim kita harus menjauhi hal tersebut. Kenapa? Karena Rasulullah mengingatkan kita.
Dari Abu Hurairah r.a dari Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
“Diantara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat”. (HR Tirmidzi no.2317 Ibnu Majah no.3976)

Terus, kita juga tidak boleh ikut latah bermain Tik Tok berjoget-joget seperti tidak punya malu.
“Tunduk dan taat merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim dalam hal yang ia sukai atau dalam hal yang ia benci selagi ia tidak diperintahkan untuk maksiat. Apabila ia diperintahkan untuk maksiat maka ia tidak boleh tunduk dan tidak boleh taat”. (HR Bukhari dan Muslim melalui Ibnu Umar r.a)

Satu lagi seorang muslim tidak boleh berambisi menjadi terkenal lho, karena ketika terkenal pasti akan banjir pujian yang akan menimbulkan kesombongan dihatinya dan apabila terkenal karena keburukannya maka akan semakin besar pula keburukan dihatinya.

So, tinggalkan aplikasi-aplikasi yang nggak ada manfaatnya sama sekali buat kita. Carilah sesuatu yang bisa mendatangkan manfaat dan pahala. Karena setiap apa-apa yang kita lakukan akan Allah mintai pertanggungjawaban kelak di Akhirat. Wallahua’lam