Oleh: Puji Yuli

Gema takbiran mengagungkan asma Allah SWT mulai terdengar ramai di seluruh penjuru dunia. Kaum muslimin mulai bersuka cita dalam merayakan hari raya idul adha alias hari raya kurban. Hari Raya Idul adha ini membawa hikmah bagi kaum muslimin di dunia ini. Apalagi saat ini kaum muslimin di dunia merayakan hari raya idul adha di tengah pandemi Covid 19.

Kita sebagai kaum muslimin bisa mengambil hikmah dari hari raya idul adha alias hari raya kurban untuk bisa lebih baik. Kita sebagai kaum muslimin bisa mengambil hikmah dari kisah nabi Ibrahim AS dan nabi Ismail AS. Dimana nabi Ibrahim AS dan nabi Ismail AS rela mengorbankan harta maupun jiwa untuk ketaatannya kepada Allah SWT. Yaitu pengorbanan nabi Ibrahim AS yang mau menyembelih putranya demi menjalankan ketaatannya kepada Allah SWT dengan ikhlas dan tulus. Sedangkan nabi Ismail AS yang dengan rela berkorban jiwanya untuk disembelih oleh ayahnya demi ketaatannya kepada Allah SWT secara ikhlas.

Kisah pengorbanan yang ikhlas juga tulus oleh nabi Ibrahim AS dan nabi Ismail AS itu akhirnya berbuah manis. Allah SWT telah menerima pengorbanannya dengan mengantinya seekor kambing. Hal ini bisa kita jadikan hikmah untuk merayakan hari raya idul adha dengan menanamkan dalam diri kaum muslimin dengan semangat berkurban untuk meraih ridho Allah SWT. Kita sebagai kaum muslimin yang punya kemampuan harta yang berlebihan seharusnya memberikan hewan kurban berupa sapi atau kambing di hari raya idul adha mubarak. Daging hewan kurban ini bisa dibagikan kepada fakir miskin untuk merajut Ukhuwah Islamiyah di tengah pandemi virus corona.

Semoga kita sebagai kaum muslimin bisa mengambil hikmah dari keteladanan nabi Ibrahim AS dan nabi Ismail AS di hari raya idul adha ini. Semoga hikmah hari raya Idul adha alias hari raya kurban ini bisa membawa spirit hijrah untuk ketaatan kepada Islam secara Kaffah. Ini kita lakukan semata mata untuk meraih ridho Allah SWT guna meraih Keberkahan dalam hidup di dunia dan akhirat.