Oleh Mifa

Tahun ajaran 2020/2021 Sekolah mi, mts dan ma akan menggunakan kurikulum baru untuk pendidikan agama islam dan bahasa arab. Hal ini dilakukan utnuk meletakkan materi sejarah khilafah jihad dan moderasi beragama secara korelatif dalam berbagai bentuk perjuangan muslim. (detik.com)


Materi sejarah khilafah, jihad dan moderasi beragama ini disajikan disesuaikan dengan perkembangan peradaban islam saat ini. dimana ideologi yang saat ini dianut yaitu ideologi kapitalis yang memisahkan agama dari kehidupan. Sehingga berbagai cara ddilakukan untuk menjauhkan umat islam untuk jauh dari agamanya sendiri.
Salah satu hal yang dilakukan untuk memuluskan ideologi ini yaitu moderasi islam, yaitu mencekoki generasi muda umat islam untuk menjauhkan diri dari islam. Sekolah merupakan pendidikan formal yang berperan untuk mendidik generasi islam agar memahami tentang islam lebih mendalam. Namun dengan sistem kapitalis yang dianut saat ini, sekolah merupakan salah satu alat yang digunakan para musuh islam untuk menjauhkan gererasi jauh dari islam.


Sekolah seperti mi, mts dan ma merupakann sekolah pilihan orang tua agar anaknya mendapatkan pendidikan agama yang dirasa menurut mereka belum mampu mereka berikan karena keterbatasan ilmu yang mereka miliki. Namun jika dari negara mengotak-atik kurikulum yang disesuaikan dengan kepentingan mereka, maka para generasi muda yang seharusnya memperjuangkan tegaknya khilfah akan menjadi generasi yang tidak mengenal islam dan tidak aqidah islam.


Pendidikan islam bertujuan untuk meneruskan kehidupan islam yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dengan bersumber Al Qur an dan hadist. Jihad merupakan tindakan yang mulia di sisi Allah yang merupakan perintah langsung dari Allah SWT. Jika generasi muda saat ini hanya mengerti jihad sebagai sejarah saja, maka akan semakin jauh kita dari tegaknya syariat islam secara sempurna.