Oleh: VIVIN NAILUFAR

Akibat pandemi perekonomian dunia mengalami keterpurukan. Termasuk Indonesia, Badan Pusat Statistik ( BPS) merilis terkait data pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19. BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia minus hingga 5,32 persen pada kuarta II 2020.

Selain itu BPS juga menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi sepanjang semester I 2020 telah terkontraksi di angka 1,26 persen. Pada kuarta II 2020 pertumbuhan ekonomi terkontraksi 5,32 persen. ” kata Kepala BPS, Suhariyanto, Rabu (5/8/2020).

Indonesia sejak triwulan I-2019 sudah mengalami perlambatan ekonomi. Dengan adanya pandemi menyebabkan resesi makin berat dibanding tahun 1998. Menkeu Sri mulyani mengakui jika Kuarta II 2020 akan mengalami titik terberat dalam perekonomian indonesia, kerena pertumbuhan ekonominya hampir mendekati nol persen. Tahun ini indonesia berisiko mengalami resesi. (cbnindonesia 17/72020).

Dalam sistem Kapitalisme resesi merupakan hal yang biasa terjadi, yaitu mengikuti siklus sepuluh tahunan. ciri dan karakter kapitalisme adalah ekonominya yang rapuh. karena bergerak disektor non ril dan sistem ribawi.

Berbeda dengan sistem ekonomi islam yang bergerak di sektor riil sehingga tahan resesi.oleh karena itu umat perlu dengan sebuah institusi untuk menerapkan sistem ekonomi islam dengan syariah kaffah yaitu khilafah. Islam kaffah memberikan solusi untuk mencegah dan mengatasi resesi ekonomi.
Wallahu a’alam bishshawab.