Oleh: Celoteh Anak Negeri

Chemistry adalah kata dalam bahasa Inggris yang berarti ilmu kimia. Ilmu yang mempelajari materi, reaksi yang menyertainya serta dinamikanya. Dalam konteks interaksi dan hubungan antar manusia, Dr. Gary Brown seorang pakar hubungan asal LA mendefinisikan sebagai sebuah reaksi di otak kita, dimana reaksi tersebut menyebabkan ketertarikan yang intens terhadap seseorang.

Dalam berbagai drama chemistry antar pasangan selalu menjadi andalan promosi. Chemistry yang kuat berkorelasi positif dengan tingginya rating. (https://m.kapanlagi.com)

Agaknya hari ini chemistry yang dimaksud bukan sekedar gimmick belaka, bahkan muncul gelombang inspirasi dari kehidupan pribadi artis tersebut. Dirilis pada 31 Juli lalu, lagu “Di Sepertiga Malam” mampu duduk di peringkat pertama mampu duduk diperingkat pertama trending youtube Indonesia hanya dalam tiga hari dengan ditonton lebih dari 3,8 juta kali. Insertlive.com

Setelah sebelumnya kisah Lesty Kejora dikait-kaitkan dengan aktor Rizky Billar, yang memiliki background kisah cinta yang sama, single “Kulepas Dengan Ikhlas” milik Lesty dengan Rizky Billar sebagai aktornya berhasil menduduki trending 1 youtube setelah 16 jam diupload. (pangandaran.pikiran-rakyat.com)

Benarkah hal ini merupakan berkah?
Diakui maupun tidak, pemandangan ini semakin mengkonfirmasi bahwa masyarakat saat ini adalah masyarakat dengan corak ideologi kapitalisme liberalisme. Dimana kebebasan berekspresi/berperilaku, berkepemilikan, beragama/berkeyakinan dan berpendapat menjadi ruhnya.

Apa saja yang memiliki nilai ekonomi dianggap layak untuk menjadi komoditas. Tanpa memperhatikan dampaknya terhadap masyarakat. Menjadikan kedekatan antara laki-laki dan perempuan sebagai isu sentral untuk meningkatkan viral yang pada akhirnya diharapkan menjadi suguhan yang layak berbayar sangat berbahaya bagi kehormatan masyarakat. Terutama bagi wanita.

Tayangan dengan bumbu asmara seperti ini mengalihkan produktifitas masyarakat dari potensi utamanya. Memang diantara masyarakat tidak semua kalangan rentan teralihkan. Namun tayangan yang tanpa kendali dan diakses oleh masyarakat rentan seperti anak-anak dan remaja juga pemuda berdampak pada produktifitas yang menurun, disamping berdampak pada fitrah dan rasa malu.
Islam telah memandang bahwa wanita adalah kehormatan yang wajib dijaga.
Maka masyarakat Islam akan menjaga agar tindakan yang mencederai kehormatan wanita dapat dicegah bahkan dihilangkan.
Masyarakat dipastikan mendapatkan edukasi dalam menjaga kehormatan sekaligus edukasi dalam meningkatkan pendapatan melalui peningkatan kualitas produksi barang dan jasa maupun kompetensi kinerja.

Dengan demikian, masyarakat mendapatkan penghasilan melalui cara yang melindungi fitrah baik laki-laki maupun perempuan juga mendapatkan jaminan ketentraman dalam ibadah.