Oleh: Indah (Mahasiswa Perikanan UHO)

Linimasa publik dibanjiri hangatnya perbincangan JKDN atau Jejak Khilafah di Nusantara. Bagaimana tidak, dalam kurun waktu H-7 sudah hangat desas-desusnya. Penayangan film dokumenter ini banyak menuai respon dari berbagai kalangan.

Namun, detik-detik sebelum penayangan film ini dimulai, seketika akun tersebut diblokir oleh Pemerintah. Dilansir dari Terkini.id, Jakarta- Film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara yang tayang di youtube, Kamis 20 Agustus 2020 kembali diblokir. Film tersebut sebelumnya disiarkan secara live kemudian tidak bisa diakses.

Terlihat hingga 21 agustus 2020, tayangan video itu sudah dilihat hingga 278.372 kali. Akun instagram @jejakkhilafahdinusantara mengunggah sebuah pengumuman tersebut. Akun tersebut mengunggah tampilan layar saat film di blokir. Terlihat jelas di dalam video tersebut tertulis Video tidak tersedia. Konten ini tidak tersedia di domain negara ini karena ada keluhan hukum dari Pemerintah“, dilansir dari Suara.com, Jumat 21 Agustus 2020.

Dengan demikian bahwa sudah jelas film dokumenter tersebut telah diblokir oleh pemerintah. Pemblokiran film JKDN ini terbilang tebang pilih. Sebab dari konten film tersebut sama sekali tidak memuat unsur yang dapat merugikam Negara, ketimbang banyaknya konten-konten tayangan yang jelas tidak mendidik. Dalam hal ini, tidak ada unsur hukum yang di langgar, dan hanya menayangkan serta menjelaskan bagaimana islam bisa masuk di indonesia dengan menampilkan bukti-bukti sejarah islam. Lalu mengapa film ini harus diblokir?.

Banyaknya bukti-bukti islam di nusantara yang ditinggalkan oleh beberapa khalifah dan keturunannya bisa menjadi bukti bahwa khilafah pernah masuk di indonesia. Namun sejarah itu masih banyak yang tidak diketahui sebab adanya penguburan sejarah tentang jejak khilafah di nusantara. Buku-buku sejarah pun tidak pernah membahas secara mendetail tentang khilafah sehingga kebanyakan orang tidak mengetahui betapa pentingnnya khilafah ini. Di zaman sekarang, khilafah merupakan kata yang sangat ditakuti. Orang-orang yang menyerukan tentang khilafah sering kali disangka Isis, penebar bibit radikalisme dan pemecah belah NKRI. Padahal sudah jelas bahwa khilafah merupakan sebuah ajaran islam yang dimana khilafah merupakan sebuah negara yang menerapkan syariat islam sebagai aturan yang harus ditetapkan. Dengan adanya khilafah umat islam akan sejahterah karena dalam sistem kepemimpinan khilafah semua akan diatur sesuai dengan syariat islam.