Oleh: Elly Herawati

Selepas menonton video percobaan pembunuhan Pendakwah Syekh Ali Jaber dan pengeroyokan terhadap pelaku, tanggapan umum netizen dibeberapa media social sungguh mengejutkan. Sebagian berpendapat sudah sepantasnya pelaku dihajar dan dikeroyok. Bahkan dihabisi pun tak apa.Ulama diminta memperketat penjagaan dan langsung menindak tegas jika terjadi hal serupa. Cukup miris. Apakah ada yang salah dengan pola pikir rakyat kita? Ataukah ini bentuk keraguan akan ditegakkannya hukum dinegeri ini khususnya bagi para ulama?

Seperti kita ketahui beberapa kasus yang sama terjadi pada para ahli agama Islam dinegeri ini, dan selalu berakhir dengan vonis gila bagi pelaku sehingga hukuman yang diberikan dianggap tak adil bagi korban. Sikap main hakim sendiri meskipun terbentuk dari ketidakpuasan terhadap hukum sangat tidak dibenarkan. Namun sepertinya celah untuk mengedukasi masyarakat mengenai hal tersebut menjadi sempit dengan adanya fenomena "Orang gila" ini. Jika teror dibalas teror, apa jadinya negeri ini?

Rasanya tak sanggup membayangkan. Semoga pihak yang berwenang mampu mengusut kasus demi kasus dengan tuntas dan menegakkan hukum dengan seadil-adilnya agar negeri ini kembali aman dan tenteram.