Oleh: Sri Ratna Puri

Di saat DKI Jakarta kembali menetapkan PSBB di wilayahnya, wilayah penyangga Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, memilih kebijakan berbeda. Pembatasan Sosial Berbasis Mikro dan Komunitas (PSMKB) di Kota Bogor, sedang Kabupaten Bogor, memilih PSBB Pra-Adaptasi.

Perbedaan kebijakan ini, sudah diaminkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Mengingat aktivitas ekonomi Bogor, tidak semua berhubungan dengan Jakarta. Diharap sektor industri dan pariwisata, bisa menyelamatkan APBD di tahun 2021.

Namun, mengingat grafik penyebaran Covid-19 yang semakin menanjak, tetap menimbul kekhawatiran masyarakat. Sekalipun ada pengetatan pengawasan, juga pembatasan aktivitas di jam malam, tak menjamin masyarakat bisa lepas dari risiko paparan.

Jadi, pembatasan total memang satu-satunya jalan keluar. Bila itu dilakukan secara optimal, bisa memutus mata rantai penularan. Urusan pembiayaan, negara yang punya kewajiban. Sebagaimana Rasul Saw, pemimpin umat islam, mencontohkan.

Mengutip apa yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bahwa prioritas penyelamatan dengan pembatasan, akan menyelamatkan banyak nyawa. Pernyataan yang tepat. Tinggal dilaksanakan dengan ketaatan. Harapan, semoga pandemi segera hilang, agar kita bisa hidup dengan normal. Aamiin.