Oleh: Nuryanti (Anggota Komunitas Setajam Pena)

Seluruh dunia hingga kini masih terguncang dengan adanya pandemi covid-19, yang belum teratasi termasuk Negara kita Indonesia. Dilansir dari CNN Indonesia, Menteri Dalam Negeri Tito karnavian menyebut negara-negara yang menganut pemerintahan otokrasi atau oligarki lebih efektif menangani pandemi virus Corona.

Tito mengatakan penanganan pandemi covid-19 di negara demokrasi akan lebih sulit jika banyak masyarakat tidak mau menerapkan protokol kesehatan. Maka, kata Tito harus ada kebijakan oligarki agar rakyat nurut dan patuh menerapkan protokol kesehatan.

Memang hingga hari ini jumlah kasus positif di Indonesia sudah ratusan ribu dan ribuan meninggal dunia. Bahkan semakin bertambahnya hari jumlah kasus covid-19 tidak mengalami penurunan bahkan semakin bertambah kasusnya. Namun demikian, apakah kebijakan oligarki yang tentu memungkinkan aturan yang otoriter akan mampu menurunkan jumlah kasus covid-19?

Sungguh, hal ini hanya alibi agar pemerintah semakin berkuasa mengatur rakyat tanpa nurani. Begitulah kapitalisme merongrong rasa empati penguasa. Bukan memebrikan solusi dan kebijakan yang manusiawi dan solutif, justru semakin membuat rakyat tunduk karena takut, bukan karena paham.

Sungguh, jikalau melihat dari kacamata Islam itu semua akibat dari tidak diterapkannya syariat Islam. Semua penduduk di bumi melakukan kemaksiatan menurut hawa nafsunya sendiri sehingga Allah mendatangkan azab yang tidak kushus melainkan seluruhnya merasakan akibatnya. Seandainya mereka beriman keberkahan akan datang sebagaimana firman Allah dalam QS. Al A’raf : 96
“Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan”

Islam memiliki solusi yang jitu untuk mengatasinya karena Islam mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Alam semesta ini milik Allah sudah selayaknya kita tunduk patuh pada sang pencipta yaitu dengan mewujudkan sistem pemerintahan Khilafah untuk mengatur seluruh kehidupan manusia, karena Khilafah bersumber dari wahyu bukan nafsu. Khilafah merupakan sistem pemerintahan yang terbukti 1300 tahun menerapkan sistem Islam dan telah memakmurkan seluruh umat manusia.

Bahkan dalam menyelesaikan wabah seperti ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW. ketika terjadi wabah di suatu daerah, maka janganlah kalian mendatanginya. Sebaliknya jika wabah tersebut terjangkit di suatu daerah sedangkan kalian berada di sana maka janganlah kalian keluar melarikan diri darinya.

Inilah hukum syara dalam Islam dengan menutup daerah yang terdampak wabah untuk mencegah tersebarnya virus semakin meluas, untuk daerah yang terdampak akan dipenuhi kebutuhannya sehingga fokus pada upaya penyembuhan. Khilafah merupakan ajaran dalam Islam karena berasal dari Allah, tidak pantas bagi kita sebagai orang Islam menghalangi tegaknya Khilafah karena memang itu sudah menjadi janji Allah. Tak ada yang mampu menghalangi tegaknya sistem yang shohih ini, maka Khilafah adalah solusi bagi dunia. Menerapkan tatanan kehidupan yang benar adalah jika sistem yang dipakai sesuai syariat Islam.
Wallahua’lam bishawab.