Oleh: Titik Musrifatun Tsaniyah

Baru- baru ini banyak ulama diperlakukan buruk. Syekh Ali Jaber ditusuk ketika sedang ceramah di Lampung, Ahad (13/09/2020). Kyai Zainullah dipersekusi di Pasuruan, Kamis (20/08/2020l. Seorang imam masjid bernama Muhammad Arief tewas mengenaskan setelah dibacok ketika sedang mengimami sholat, Sabtu (12/09/2020).

Sungguh miris, negeri yang selalu menjunjung tinggi toleransi beragama tiba- tiba banyak bermunculan oknum- oknum sadis menganiaya para ulama.

Hal ini adalah bagian dari upaya para pemuja kebatilan memadamkan dakwah Islam, menyudutkan ajaran Islam dan mengancam para pengembannya.

Memperlakukan ulama secara buruk adalah sebuah kesalahan besar. Sebab ulama berperan dalam menyampaikan ajaran sesuai dengan Alquran, menjelaskan kandungan Alquran serta menyelesaikan problem umat dan agama di masyarakat dan negara.

Sebagai negeri yang mempunyai landasan hukum, semestinya kasus- kasus seperti ini harus segera diusut Tidak sebatas menghukum pelakunya, namun lebih dari itu yaitu mengejar aktor intelektual yang mendalanginya. Jika negeri ini tak mampu melindungi rakyat, alangkah baiknya jika negeri ini segera kembali mengambil aturan- aturan yang benar sesuai yang dicontohkan Rasulullah Muhammad Saw dalam mengatur negara. Negeri yang memuliakan para ulama, yang menerapkan hukum secara adil dan mampu melindungi rakyat dari berbagai ancaman.