Oleh: Desti Istiningsih

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Awalnya PSBB diberlakukan sejak tanggal 14 September hingga 27 September 2020. Tapi diperpanjang hingga 11 Oktober 2020 mendatang. (detik.com , 24/09/20).

Hal ini dikarenakan adanya lonjakan pasien yang terpapar Covid-19 di DKI Jakarta. PSBB ini juga berlaku di beberapa daerah yang mengalami kasus serupa. Di satu sisi, pemberlakuan kembali PSBB ini mendapat sambutan positif. Namun disisi lain, ada pihak yang mengganggap bahwa pemberlakuan kembali PSBB akan mengganggu pertumbuhan ekonomi yang ada di jurang resesi.

Seharusnya, sejak awal negara bisa mengambil kebijakan dengan menerapkan lockdown total. Sebagaimana yang dicontohkan sahabat Umar bin Khattab ketika penyakit tho’un melanda. Kewajiban seorang pemimpin adalalah mengatur kehidupan rakyatnya dengan menjamin kesejahteraan dalam segala aspek. Termasuk memberikan bantuan kepada rakyat yang terdampak pandemi yang berasal dari kas negara.

Pandemi bisa usai dengan cepat, jika Penguasa bisa menerapkan apa yang pernah diterapkan Umar bin Khattab. Sehingga roda kehidupan normal bisa berjalan kembali. Wallahu a’lam bishowab.