Oleh: Sri Ratna Puri

Semoga Allah segera angkat wabah Covid dari Indonesia, ujar presiden Joko Widodo, saat membuka muktamar Parmusi (merdeka.com). Presiden pun, mengajak masyarakat untuk bertaubat dan beristighfar.

Taubat dan istighfar, merupakan ajaran islam. Dengannya, umat akan terhidar dari azab (HR. Tirmizi). Taubat adalah menyadari kesalahan dan komitmen untuk tidak mengulang. Sedang istighfar, adalah kalimat permohonan maaf kepada Allah Swt, yang dilakukan oleh umat islam. (wikipedia)

Taubat dan istighfar, harus skala negara. Sebagaimana dilakukan oleh Rasul saw, sebagai pemimpin umat islam, lalu dilanjut oleh khalifah Umar bin Khatab ra, saat menghadapi wabah dan bencana. Adakah kemaksiatan yang dilakukan? Adakah kelalaian terhadap penerapan aturan islam?

Melihat sepenggal sirah di atas, sudah cukup menjadikan Indonesia, wajib segera bertaubat. Secara total. Sebab, hampir seluruh aspek kehidupan, penuh kemaksiatan. Kebijakan yang pemerintah keluarkan, jauh dari ajaran islam. Bahkan bertentangan.

Taubat dan istighfar, dengan kesungguhan. Selanjutnya, terapkan hukum islam keseluruhan. Sebab dialah jalan keluar. Kita tentu tak menginginkan, pandemi korona, benar-benar berubah menjadi azab yang nyata. Semoga Allah Swt, segera mengangkat wabah korona dan menerima taubat serta istighfar Indonesia. Aamiin.