Oleh: CICI RUSMIATI, Ibu rumah tangga . CIPARAY

Untuk pertama kali Indonesia bersama dengan perserikatan bangsa – bangsa ( PBB ) turut berpartisipasi dalam merayakan hari kesetaraan upah internasional yang jatuh pada 18 september .

Perayaan tersebut juga sebagai bentuk komitmen dari PBB, untuk memperjuangkan hak asasi manusia, dan menentang segala bentuk diskriminasi, termasuk diskriminasi terhadap perempuan , mereka beranggapan setiap perempuan berhak mendapatkan kesetaraan dengan laki – laki dalam berbagai hal termasuk dalam perolehan upah kerja .

Dengan melihat kerja yang ada memang benar , kesenjangan upah perempuan lebih rendah dari upah laki – laki.Dengan perkiraan kesenjangan upah sebesar 16 %.
Kesenjangan upah ini memberikan dampak negatip bagi perempuan dan keluarganya .Apa lagi selama pandemi Covid 19.
Dari laporan pemantauan ILO yang di kutip Senin (21/9/2020) tentang Covid 19 dan dunia kerja , Edisi ke 5 yang menemukan banyak pekerja perempuanmendapatkan upah berbeda selama pandemi.
Kesenjangan upah ini merupakan isu yang lama karena adanya anggapan perempuan kurang berkontribusi dalam pekerjaan ,selain itu perempuan juga cenderung di tempatkan pada posisi yang bernilai rendah.

Islam menjamin kesejahteraan perempuan .
Islam menjungjung tinggi derajat dan kesejahteraan perempuan .Begitu juga islam sangat menjaga dan menjungjung tinggi martabat seorang perempuan.
Islam juga tidak membiarkan seorang perempuan meninggalkan peran pentingnya sebagai seorang ibu dan pengatur rumah tangganya .
Dalam islam seorang perempuan terpokus mengurus dan mencetak akhlak anak – anak guna menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas .

Namun bukan berarti seorang perempuan tidak boleh turun ke ranah publik , menjadi pendamping suami dan juga mengaplikasikan ilmu yang di milikinya untuk ke maslahatan umat , namun tak melupakan dan mengabaikan tugas penting mereka menjadi seorang ibu .
Maka dari itu sudah seharusnya umat sadar bahwa yang akan bisa membuat perempuan di hormati dan di jungjung tinggi adalah kembali kepada islam bersandar pada aturan Allah SWT.

CICI RUSMIATI . Ibu rumah tangga . CIPARAY .