Oleh Puji Yuli

Wabah virus corona alias covid 19 ini masih belum tahu kapan akan berakhir. Sudah lebih dari enam bulan pandemi Covid 19 ini terjadi dan memberikan dampak ekonomi, kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat di negeri ini maupun di dunia.Ini bisa kita ketahui bahwa pandemi corona ini terjadi secara global di dunia dan kita saat ini belum tahu kapan berakhir. Kondisi ini memberikan gambaran bahwa manusia itu lemah dan butuh adanya kekuatan keimanan kepada Allah SWT dan Alquran.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tidak lupa mengingat Allah SWT di tengah pandemi Covid 19. Salah satu caranya dengan berdzikir dan taubat. ” Kita juga tidak boleh melupakan zikir, istighfar, taubat kepada Allah Subhana WA Ta’ala,” kata Jokowi saat membuka Muktamar IV PP Parmusi tahun 2020 di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/9).Eks Wali kota Solo itu berharap corona segera hilang dari bumi Indonesia. Jokowi berdoa agar bangsa dan negara diberikan keselamatan. (https://www.merdeka.com/peristiwa/jokowi-semoga-allah-swt-segera-angkat-wabah-covid-dari-bumi-indonesia.html).

Pandemi virus corona ini memberikan pelajaran bagi manusia agar tidak sombong dan membuat kerusakan di bumi ini. Selain itu, pandemi virus corona ini mengajarkan manusia untuk bertaubat dan mau terikat dengan hukum Allah SWT secara total yang ada dalam Alquran. Taubat secara totalitas dan meningkatkan kualitas keimanan maupun ketakwaan kepada Allah SWT itu diharapkan bisa mengatasi pandemi virus corona. Apakah taubat nasional itu bisa mengatasi virus corona?

Ternyata , selain taubat secara totalitas kepada Allah SWT itu perlu adanya perbuatan secara riil berupa peran penting dan fungsi dari negara untuk mengatasi pandemi virus corona. Sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW maupun khalifah Umar bin khattab dalam menangani wabah penyakit tha’un. Ini memberikan gambaran bahwa negara itu garda terdepan dalam menangani pandemi virus corona dari aspek ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Sebaiknya kita menjadikan Islam sebagai pedoman untuk mengatasi pandemi virus corona selain kita melakukan taubat nasional. Kita berharap semoga pandemi virus corona ini segera berakhir. Amiin Ya Allah SWT.