Oleh: Puji Yuli

Tanggal 22 Oktober ini merupakan hari santri nasional. Dimana, pada hari santri itu tentunya diperingati oleh dunia pendidikan, pesantren maupun oleh jajaran instansi pemerintah di pusat dan di daerah. Pada hari santri nasional itu kita akan menjumpai bagi perempuan pakai gamis dan kerudung putih serta bagi laki laki pakai baju koko, sarung dan kopyah. Hari santri nasional juga diperingati oleh generasi milenial yang berstatus pelajar maupun mahasiswa.

Hari santri bagi kaum milenial baik itu pelajar dan mahasiswa diharapkan bisa membawa kebaikan dan kemajuan bagi negeri ini. Selain itu, hari santri nasional itu bisa sebagai momentum bagi generasi milenial untuk berhijrah taat syariah secara Kaffah. Pada peringatan hari santri nasional ini bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi generasi milenial akan sosok santri sebagai generasi Qur’ani yang berakhlaqul karimah. Hal ini bisa kita lihat dari kehidupan santri yang ada di pesantren untuk mempelajari ilmu agama Islam dan Alquran sebagai pedoman hidup. Dimana, santri itu diharapkan bisa menjadi teladan bagi generasi milenial agar bisa menjadi generasi Qur’ani.

Hari santri nasional yang diperingati pada tahun ini ditengah pandemi Covid 19 bisa membawa hikmah dan pelajaran bagi generasi milenial negeri ini. Dimana, hari santri disaat pandemi Covid 19 bisa memberikan pelajaran tentang kesabaran dan ketakwaan bagi generasi milenial untuk semakin dekat dengan Alquran. Saatnya generasi milenial untuk berhijrah menuju ketaatan total terhadap syariat Islam dengan tulus hati tanpa tapi dan tanpa nanti. Hari santri di tengah pandemi Covid 19 ini bisa menumbuhkan rasa ketakwaan penuh kepada Allah SWT sebagai pencipta dan pengatur alam semesta ini tanpa adanya kesombongan di hati generasi milenial.

Semoga peringatan hari santri nasional tahun ini bisa membawa perubahan yang positif bagi generasi milenial negeri ini. Perubahan dari generasi milenial yang hedonis, kecanduan gadget, terjerat narkoba dan gaul bebas menuju generasi milenial yang Qur’ani dan taat syariah secara Kaffah. Dengan generasi milenial yang Qur’ani, berakhlaqul karimah dan taat syariah secara Kaffah juga cerdas akan bisa membawa perubahan positif bagi negeri ini. Dengan hari santri nasional tahun ini diharapkan bisa menjadi perubahan bagi generasi milenial untuk mewujudkan perubahan gemilang dalam membangun peradaban emas di dunia.