Oleh: Desi Wulan Sari

Menjelang memperingati hari maulid Nabi Muhammad SAW, menjadi momen penting bagi para orang tua muslim saat ini. Para orang tua berharap anak-anak mereka akan diingatkan kembali, bagaimana kelahiran beliau hingga perjalanannya menjadi seorang nabi akhir zaman merupakan sosok idola yang nyata. Karena kepribadiannya, keilmuannya, mampu membentuk generasi tangguh cemerlang di masa Daulah Islam, dan berhasil mewujudkan kemajuan umat dunia.

Generasi muda muslim wajib mengikuti sosok idolanya jika ingin maju, berkembang dan tangguh di masa depan. Rasululullah SAW telah mencontohkan, bagaimana beliau mendidik anak-anaknya, cucunya, sahabatanya dan umatnya saat itu dalam pembinaan akidah dan tsaqofah Islam yang kuat sebagai pembentuk kepribdian. Jangan sampai sosok-sosok idola yang datangnya dari sistem perusak generasi menjadi pujaan hati remaja muda kita saat ini. Jangan terpedaya pada racun-racun yang sengaja ditanamkan para industri hiburan kapitalis. Karena mereka hanya ingin mendapatkan keuntungan semata. Lambat laun, hiburan-hiburan yang jauh dari syariat akan semakin menjauhkan para pemuda kita untuk menjadi sosok penerus generasi tangguh Islam sepanjang zaman, Semua kerusakan itu hanya akan menimbulkan krisis degradasi moral yang semakin nyata adanya.

Saatnya generasi muda muslim indonesia kembali kepada idola yang sebenarnya. Yaitu keteladanan Rasulullah SAW, momentum maulid Nabi ini digunakan sebagai penyemangat, pembuka motivasi, dan mengingatkan mereka kembali pada tujuan geneasi muda yang sebenarnya, yaitu pembangun peradaban dan kemajuan bangsa.

Wallahu a’lam bishawab.