Oleh: Yuyun Rumiwati

Sobat, moment Maulid baru saja meninggalkankan kita. Namun, untuk memupuk cinta kita tentu tak sebatas ketika maulid tiba. Bukan kah cinta sejati itu tak mengenal batas waktu dan tempat.

Sobat, anugerah terindah saat Allah anugerah suri tauladan terindah. Suri tauladan terlengkap untuk siapa saja yang mau mengambilnya. Berbagai profesi, Rasulullah menjadi inspirasi terbaik kita.

Saat kita sebagai pembelajar. Tentu kita bisa melihat bagaimana super sabarnya Rasulullah ketika mendapat Wahyu dari Allah lewat malaikat Jibril. Begitu pun saat Rasulullah menjadi guru terbaik bagi para sahabat. Hingga mencetak pimpinan-pwmompin besar seperti Khulafaur Rasyidin yang disegani negara adidaya saat itu.

Sobat, karenanya moment Maulid adalah momentum pelecut semangat kita untuk kembali mengingat nabi dan meneladani keseluruhan yang beliau bawa. Dan di luar bulan rabiul awal tentu kita harus mempertahankan semangat cinta ini. Dengan apa?
Tentu tiada lain dengan mencintai warisan yang beliau. Dan rasulullah tidak meninggalkan dinar dan dirham sebagamana sabda Rasulullah,

“Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, mereka hanyalah mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambilnya, maka dia telah memperoleh keberuntungan yang banyak” (HR. Abu Dawud & Tirmidzi).

Sobat, karenanya tiada jalan lain untuk mengenal nabi lebih dekat kita wajib menuntut ilmu. Tentu bukan sembarang ilmu. Tapi ilmu yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah. Ilmu yang membuat kita mengarungi hidup ini sebagaimana tuntunan nabi.

Sobat, sungguh di era Kapitalisme ini tanpa ilmu yang dituntun nabi kita akan kehilangan arah. Betapa banyak generasi era ini telah lupa kepada siapa ia menambatkan idola hidup. Dan kepada apa seharusnya mereka berpegang dalam hidup. Hingga tak jarang generasi pun asing terhadap syariat agamanya. Dan bahksn menentangnya. Nauzubillah.

Sobat, Yuk..cintai nabi sepanjang waktu. Sebagaimana beliau mencintai kita. Semoga Allah memudahkan langkah kita ke majelis ilmu agar kian dekat dengan kehidupan dan jalan hidup nabi.