Oleh: Tami Ummu Aqimi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengizinkan pemerintah daerah untuk memulai sekolah tatap muka di seluruh zona risiko virus Covid-19 mulai Januari 2021. Nadiem mengatakan keputusan pembukaan sekolah akan diberikan kepada tiga pihak, yakni pemerintah daerah, kantor wilayah dan orang tua melalui komite sekolah.

Tak dipungkiri, keputusan ini berpotensi menimbulkan permasalahan baru di tengah masyarakat. Khususnya bagi orang tua bisa mengalami dilema. Karena penyebaran Covid-19 semakin hari semakin dekat dengan lingkungan kita. Juga penambahan kasus baru di daerah-daerah terpencil.

Jika memang sekolah akan dibuka kembali, seharusnya pemerintah menuntaskan dulu virus ini sehingga orang tua akan tenang melepas anaknya kembali ke sekolah. Seperti harapan banyak orang tua selama ini di mana orang tua memiliki keterbatasan sehingga kurang maksimal mendampingi anak belajar di rumah.

Meski jika dikembalikan dalam ajaran Islam. Bagaimanapun pendidikan yang utama dan pertama adalah berasal dari rumah. Di mana tugas utama seorang ibu adalah mendidik putra-putri dan mengatur rumah tangga. Ada dan tiadanya Covid-19 meatinya tidak begitu masalah karena pendidikan yang sejati dibangun dalam rumah masing-masing. Ibu sebagai madrasah pertama bagi anak-anaknya sehingga dari tercipta generasi masa depan yang sholih dan sholihah.