Oleh : Femila kareni (Motivator Muslimah)

Haii gaiss , di zaman modern ini masih ada loh yang pengen trendy tapi dengan cara yang seperti itu main tik tok, yang suka ngeprank atau yang bisa joget dan nyanyi bahasa korea ala artis korea gitu, ikutin challenge yang lagi viral seperti lathi challenge, brush hhmm apa itu yang namanya trendy sobat. Ngomong ngomong tentang trendy kalian mau di sebut trendy atau kuno?? Pasti pengen di bilang trendy kan dengan cara tapi sebelum itu kita harus tau nih apa yang namakan di trendy. Supaya kita gak kuno kita kenali dunia ini karena dunia ini adalah tempat tinggal kita, di dalam dunia ini ada banyak perubahan yang menuntut kita mengikutinya misalnya gaya berpakaian memakai tunic, ngetren lagi pakai gamis, model kerudung juga ada yg di lilit ngetren lagi yang syar’i menutupi dada, dalam totonan juga banyak yang ngetren di jamanya seperti di tahun 2000an film korea, jadi setiap masa menuntut kita untuk berubah yaa syukur-syukur kalau berubahanya kearah yang lebih baik ya kalau perubahanya yang tidak baik apa kita juga mengikutinyaa??

Tau gak sihh sob kalau dunia itu cuma sementara ibarat tuh seperti seorang musafir yang berpergian jauh dan istirahat sebentar untuk berbekal untuk perjalanan selanjutnyaa seperti dalam firman Allah swt Allah SWT berfirman:
وَمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَاۤ اِلَّا لَهْوٌ وَّلَعِبٌ ۗ وَاِ نَّ الدَّا رَ الْاٰ خِرَةَ لَهِيَ الْحَـيَوَا نُ ۘ لَوْ كَا نُوْا يَعْلَمُوْنَ
“Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui. (QS. Al-‘Ankabut 29: Ayat 64)

Dalam ayat tersebut sudah menggambarkan dunia ini hanya sementara hanya senda gurau saja kehidupan yang kekal ialah kehidupan akhirat, dalam hadist Rasulullah juga menggambarkan kenikmatan dunia ibarat kita mencelupkan jari ke lautan apa yang menetes dari jarimu ialah kenikmatan dunia dan kenikmatan akhirat ialah lautannya.

Nah udah jelas ya sob kalau dunia itu nikmat nya cuma setetes aja tapi masih banyak dari kita nihh yang masih sibuk dengan kehidupannya dunianya hingga ia lalai dengan kehidupan akhirat yang kekal, nah supaya kita gak lalai itu berarti kita kudu ngaji sob. Dengan kita ngaji mengkaji islam kita selamat nya gak hanya di dunia aja tapi juga di akhirat sob , saat kita beraktifitas di dunia ini itu harus sesuai dengan apa yang Allah perintahkan . Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ کَاۤ فَّةً ۖ وَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ ۗ اِنَّهٗ لَـکُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ
“Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.”(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 208)

Nah jadi kita melakukan aktifitas itu harus tau dulu ilmu nya gais, bukan hanya ngejar biar viral biar trending , untuk apa ingin viral dan terkenal dengan melanggar syariat naudzubillah.

Lantas gaya yang kuno itu seperti apa sih ?? Gaya yang kuno itu gaya jahiliyah Coba deh cek sebelum islam datang membawa syariat nya dengan sempurna dari Allah melalui malaikat jibril di wahyukan kepada Rasulullah saat islam datang wanita di muliakan dengan jilbab sebelum islam datang di jaman jahiliyah banyak wanita yang mengumbar auratnya, saat islam datang Allah melarang meminum khamr (minuman yang memabukan) saat di jaman jahiliyah para peminum khamr bebas menegakknya, saat sebelum islam datang masih banyak perempuan yang bertabarujj saat islam datang Allah melarang perempuan di larang berhias di depan lelaki yang bukan mahramnya .

Nahh kuno banget yaaa kalau masih ada yang ngikutin perilaku masyarakat jahiliyah, yaa dulu emang sih masih belum ada aplikasi instagram ataupun tiktok yaa siss tapi perilaku mereka seperti di zaman jahiliyah dulu ihh ngeri yaa sobb padahal islam datang membawa aturan yang sempurna mulai dari bangun tidur sampai bangun negara itu semuanya di atur dalam islam , Allah langsung yang menurunkan melaui malaikat jibril, Al qur’an di turunkan kepada Rasulullah kemudian ibunda khadijah masuk islam setelah itu para sahabat Rasulullah seperti Abu bakar asshidiq Ra, umar bij khattab, ali bin abi thalib, yang awalnya hanya berkembang di kota mekkah islam menyebar melalui dakwahkan oleh musaib bin umair, ketika masyarakat madinah banyak yang masuk islam Rasulullah dan para sahabat berhijrah ke madinah dan Rasulullah mendirikan negara islam berkembang hingga masa khalifah abu bakar , khalifah umar bin khattab , khalifah ali bin abi thalib hingga khalifah terakhir utsmaniyah di turki runtuh tahun 1924. Meski kepemimpinan islam sudah runtuh nihh sobb islam masih ada sampai sekarang dan umat islam itu yang terbesar di dunia, ketika ada penghinaan terhadap Rasulullah justru malah orang-orang berbondong bondong masuk islam.. nah nah kenapa coba bisa begitu ? Karena islam itu gak ketinggalan zaman sobb, sampai sekarang pun islam masih tetap viral ngehist yaa karena memang islam mendapat jaminan langsung oleh Allah swt bahwa islam juga sesuai dengan zaman .

Naah masalahnya sobb bagaimana kita tau gaya ngetren gaul ala perintah Allah.. caranya dengan kita ngajji iyaa ngajii sobb mengkaji islam, dengan kita mengkaji islam kita bisa tetap gaul ngetren ngehits tetap syari bukan asal sekedar gaul ngetren tapi melanggar syariat.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
”Mencari ilmu itu merupakan wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”.
(HR. Ibnu Abdil Barr)
Allahu ‘Allam bisshawab