Oleh: Abiyyu Prayoga(Mahasiswa Komunikasi, Universitas Bina Nusantara) 

Pergi berlibur adalah keinginan banyak orang. Mengunjungi tempat-tempat bagus, menginap di penginapan yang nyaman, kemudian menyantap kuliner khas wilayah setempat, dan masih banyak lagi. Salah satu wilayah yang selalu ramai dan tak pernah bosan untuk pergi kesana adalah Bali. Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang dikenal dengan pesona alam yang indah, memiliki pantai yang bagus, laut yang biru, terasering sawah yang sangat indah, kemudian juga banyak tempat wisata religi, salah satunya adalah pura uluwatu yang terletak diatas tebing dengan pemandangan laut yang sangat indah. Tak hanya itu, di Bali banyak sekali pilihan menginap. Mulai dari homestay, villa, hotel & resort, dll. Dan tentunya dengan harga dan fasilitas yang bervariasi.


 Tentunya Bali selalu menjadi pilihan atau opsi sebagai destinasi untuk berlibur. Kalian bisa menikmati Bali dengan siapa saja. Berwisata bersama keluarga, liburan bersama teman dan sahabat, atau melakukan bulan madu bersama pasangan. Ada 2 jenis waktu yang bis akita pilih untuk berkunjung ke Bali. Pertama, saat low season, kedua, saat peak season.

Low season memiliki keuntungan, anda bisa menikmati bali dengan kondisi dan suasana yang tidak begitu ramai, anda bisa mendapat harga yang relatif lebih murah. Dengan kekurangan, anda harus memotong cuti atau izin dari sekolah. Kalau saat peak season, anda tidak perlu mengajukan cuti atau izin sekolah terlalu banyak, namun anda akan mendapat harga yang lebih mahal. Mulai dari pesawat, hotel, dll. Berpergian ke Bali, tentunya ada beberapa cara untuk bisa sampai disana. Pertama adalah menggunakan pesawat terbang dengan harga start from 800.000/pax (harga peak season). Kemudian anda bisa berpergian dengan kendaraan pribadi, dan menyebrang dari Banyuwangi menuju Gilimanuk. Tentu anda bisa sesuaikan dengan keinginan dan kondisi keuangan. Untuk transportasi, jika anda naik pesawat, anda bisa menyewa mobil/motor untuk berkeliling dan menikmati pulau Bali. 


Dengan harga yang sangat beragam. Anda juga bisa menyewa sekaligus dengan jasa pengemudi bila anda tidak ingin repot dalam menjelajah dan berwisata selama disana. Untuk penginapan, tentu sangat beragam. Anda bisa memilih menginap di homestay jika anda adalah seorang backpacker. Tentu juga ada hotel yang sangat banyak pilihannya. Anda bisa tidur dan beristirahat dengan lebih nyaman tentu dengan harga yang lebih mahal dari sebuah homestay. 


Tak hanya itu, di Bali juga sangat banyak pilihan villa yang menyediakan penginapan untuk pasangan yang berbulan madu, ataupun rombongan dengan peserta yang cukup banyak. Dimulai dengan satu kamar, hingga 4 kamar atau lebih, dan tentunya memiliki fasilitas yang lengkap. Dengan dapur, living room yang cukup luas, kolam renang pribadi, dll. Anda bisa beristirahat dan memanjakan mata anda dengan nyaman.

Tempat wisata yang ada Bali juga tidak ada habisnya. Banyak sekali yang bisa anda kunjungi dan jelajahi sepanjang anda berlibur ke bali. Jika anda suka pantai, anda bisa mengunjungi pantai kuta, pantai pandawa, double six beach, batu belig, melasti, dan masih banyak lagi. Jika anda suka sawah atau pemandangan yang serba hijau, anda bisa berkunjung ke daerah ubud. Anda bisa menikmati udara yang segar dengan pemandangan alam yang sangat indah dan memberikan ketengan. Merasa bosan dengan agenda yang itu-itu saja, anda bisa melakukan water sport. Ada snorkling, sea walker, banana boat, dll. Anda bisa berkunjung ke tanjong benoa, disana ada banyak sekali pilihan. Atau anda ingin melihat dan ingin tahu wisata rohani, anda bisa berkunjung ke pura uluwatu, lempuyangan, tanah lot, dll. Anda bisa melihat ritual keagaman atau adat istiadat pada waktu tertentu.

Tak hanya wisata alam, kemudian rohani. Anda juga bisa melakukan wisata kuliner. Bagi anda yang muslim, di Bali sudah banyak restoran yang menyediakan dan menyajikan makanan yang halal. Salah satu makanan yang sangat khas dan layak untuk anda coba adalah, ayam betutu. Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang kemudian dipanggang dengan bumbu khas. Anda juga bisa menambahkan sate lilit untuk hidangan yang lebih bervariasi. Kemudian anda juga bisa mencoba nasi tempong. Dengan kumpulan sayuran seperti bayam, kemangi, dan kenikir. Kemudian ditambah lauk seperti tahu, tempe, ayam, dll. Kemudian juga ada nasi ayam pedas bu oki. Ini salah satu yang terkenal di Bali. Nasi dengan potongan telur rebus, sate lilit, sayur dan bumbu pedas yang nikmat. Sangat cocok untuk mengisi perut di siang hari.

Kemudian anda juga bisa mencoba hidangan laut yang terkenal. Terletak di Kawasan Jimbaran. Anda bisa menyantap hidangan laut tepat dipinggir pantai. Anda bisa makan ditemani deru ombak yang enak didengar. Untuk anda anak muda, anda juga bisa mengunjungi beach club atau club biasa untuk bersenang-senang. Jika anda senang duduk santai sembari menikmati makanan ringan dengan kopi atau minuman lainnya, anda bisa berkunjung ke montana del café. Terletak di kecamatan kintamani kabupaten bangil, café ini berhasil memanjakan mata dengan panorama indah dari gunung batur. Dengan kisaran harga mulai dari 40.000, anda bisa menikmati hidangan ringan dengan pemandangan yang sangat luar biasa indah.

Pesona pulau dewata akan selalu menghipnotis para wisatawan asing maupun domestik untuk kembali kesana. Menikmati alam di pulau dewata, menyantap makanan khas, dll. Pulau dewata juga akan selalu mengukir cerita tersendiri ketika anda berkunjung. Dan itu membuat anda tergugah untuk kembali kesana.