Oleh: Hamidah Hakim
(Mahaiswa Komunikasi, Universitas Bina Nusantara)

​Pergi berwisata tentunya menjadi keinginan semua orang. Istirahat sejenak dari lelahnya hidup di kota metropolitan. Menghirup udara segar, mencari ketenangan, dan bersenda gurau dengan keluarga atau sahabat. Tentunya pilihan tujuan berwisata juga harus diperhatikan. Apa yang dilakukan, apa yang dicari, dan apa yang ingin diraih, dalam suatu agenda perjalanan. Namun, jika anda ingin mendapat banyak hal dengan harga yang sangat terjangkau, anda bisa mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

​Lagi-lagi Yogya selalu menjadi rekomendasi wisata untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman atau keluarga. Karena Yogya sendiri adaah sebuah kota klasik dengan berbagai peninggalan sejarah yang masih dipertahankan. Kemudian wisata alam yang terus berkembang dan selalu memanjakan mata para wisatawan. Tak hanya itu, Yogya juga memiliki cerita tersendiri ketika kita berkunjung kesana. Dunia malam yang dipadukan lantunan musik dari para musisi jalanan yang tersebar disepanjang jalan malioboro dan kawasan pusat kota Yogya. 

Pergi ke Yogya tentunya harus bersama orang yang tepat untuk menikmati momen selama disana. Anda bisa pergi bersama pasangan, keluarga, atau teman-teman. Dan Yogya adalah suatu kota yang tidak memandang usia ataupun status sosial. Tidak peduli anda orang tua atau anak muda, mampu atau tidak mampu, semua berhak menikmati Yogya dengan tenang. Dan yang paling penting, ketika anda berkunjung ke suatu daerah tetaplah jaga kebersihan lingkungan, buang sampah pada tempatnya, kemudian bersikaplah yang baik karena anda adalah tamu di daerah tersebut, dan tetap patuhi peraturan dan hormati budaya setempat . 

Untuk menuju ke Yogya. Ada berbagai cara yang bis akita gunakan dan dapat disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta, dan bus, atau juga bisa menggunakan transportasi pribadi seperti mobil atau motor. Tentunya ketika anda menggunakan transportasi umum untuk menuju ke Yogya, anda harus menyewa kendaraan selama berwisata di Yogya. Untuk penginapan di Yogya tentunya sangat beragam. Jika anda berpergian dengan cara backpacker, ada banyak pilihan homestay yang harganya mulai dari 100.000, atau bahkan bisa kurang. Atau anda ingin menikmati kenyamanan hotel berbintang seperti Novotel, tentrem, grand inna, dan lainnya anda bisa menikmatinya di pusat kota Yogya. Dan ada juga penginapan dengan model villa, bisa untuk romantic trip bersama pasangan, anda bisa menikmati salah satunya yaitu Queen of the South, letaknya 2 jam dari kota Yogya. 

Untuk bisa menikmati Yogya dengan baik, pemilihan waktu juga sangat berpengaruh. Keadaan lalu lintas, kemudian kapasitas parker disuatu objek wisata atau pusat oleh-oleh, suatu saat akan sangat penuh dan ramai saat puncak liburan. Bagi saya Yogya sangat layak dinikmati saat sepia tau ramai. Tidak ada salahnya anda pergi saat peak season, namun anda harus mengeluarkan uang lebih karena harga lumayan naik dan jalanan akan menjadi lebih padat. Namun tidak salah juga anda pergi saat low season, karenaa harganya murah, jalanan cukup lengang, dan anda bisa menikmat Yogya dengan lebih santai dan tenang. 

​Sampai kapanpun Yogya akan tetap menjadi sebuah kota klasik dengan segala keindahan dan cerita yang terukir di dalamnya. Yogya akan sangat membekas dan menimbulkan rasa rindu untuk kembali lagi. Jalanan malioboro saat malam, diperkaya dengan lantunan alunan music dari musisi jalanan, suara gemuruh kendaraan yang lalu lalang, jajanan dan wisata kuliner malam yang nikmat untuk disantap. Dan Yogya sangat begitu dirindukan dengan romansa disetiap sudutnya.

Yogya kota tak terlupakan. Selamat berkunjung sahabat Yogya.***”