Oleh: Muflihah Ummu Ibrahim

Kini tiba waktunya musim penghujan. Hujan merupakan nikmat dari Allah Subhanallahu wa ta’ala, tidak sepatutnya kita mencelanya entah karena jemuran tidak keringlah, rumah bocor semualah dan lain lain. Saat hujan turun, saat itulah salah satu waktu yang mustajabah untuk berdoa. Jadi hentikan keluh kesah saat hujan dengan berdoa sebaik – baiknya dansebanyak banyaknya. Seperti Hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasalam :

ثنتان ما تردا ن: الدعاء عنداالنداء،وتحت المطر.

” Doa tidak akan tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” ( HR. Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’3078 ).

Kenapa kita harus berdoa? Karena doa adalah ibadah, bahkan inti dari ibadah. Allah berfirman dalam QS. Al Ghafir 60.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُوۡنِىۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَـكُمۡؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِىۡ سَيَدۡخُلُوۡنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيۡنَ
Artinya:
Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Agar do’a – do’a kita tidak tertolak, selain memperhatikan waktu kita juga harus memperhatikan adab dan syarat tertentu dalam berdoa.Banyak orang yang demikian bergelora dalam berdoa’a mendahsyatkan munajat,berharap agar semua keinginannnya dikabulakan oleh Allah swt.
Sayangnya …kita sering melupakan elemen elemen dari do’a, bahwasanya do’a mempunyai syarat khusus yang harus dipenuhi,bahkan lebih dari itu, do’apapun merupakan rangakaian dari seluruh aktifitas kehidupan kita.Ternyata do’a berhubungan erat dengan apa yang kita kerjakan dan apa yang kita yakini.Bahkan apa yang kita makan.

Dari sinilah, kita harus perhatikan elemen – elemen lain yang bisa mempercepat doa kita terkabul tidak hanya seperti kicauan burung terbang yang hilang tanpa meninggalkan jejak.

Doa adalah salah satu bentuk taqarub ilallah seorang hamba kepada RabbNya. Allah sangat mencintai hambaNya yang selalu merintih dan memohon ampunan, perlindungan saat berdoa. Barang siapa tidak berdoa kepada Allah berarti ia telah meninggalkan kebaikan yang banyak dan termasuk orang yang sombong. Naudzubillah min dzalik.

Jadi, mumpung kita masih diberi kesempatan dan kesehatan mari berdoa sebanyak banyaknya. Semoga negeri kita menjadi negeri baldatun thoyybatun wa ghofur hingga kedzoliman tidak kita dapati. Rakyat makmur Pandemi Covid 19 tak ada lagi.