Oleh: Naila Ahmad Farah Adiba (Siswi DKDM PP Baron 1 Nganjuk)

Bagaimana kabar Sob? Semoga selalu diberi nikmat oleh Allah Subhannahu wata’ala berupa kesehatan dan waktu luang. Aamiin…. Sobat, tak terasa ya hampir 10 bulan juga pandemi ini tak juga pergi. Selama itu juga kita tidak bisa jumpa dalam suasana sekolah yang penuh dengan warna dan cerita. Yang akhirnya Pembelajaran jarak jauhpun menjadi alternatif belajar kita. Tapi tak mengapa, pasti ada banyak kebaikan yang mungkin kita belum sadari seperti bisa belajar masak sama bunda, belajar ilmu kepenulisan dan berbagai macam yang diselenggarakan via daring. Kesemuanya tadi adalah ilmu, yang menjadi wasilah untuk kita menebar kebaikan. Bener gak Sob?

Namun saat ini sebagian sekolah sudah ada yang menyelenggarakan belajar tatap muka, ada juga yang belum. Seperti penulis saat ini, sudah berada di pondok yang tentunya jauh dari Ayah, jauh dari Bunda, jauh dari adik-adik. Sejujurnya agak berat dan cukup menyesakkan dada. Tapi semua penulis jalani demi satu tujuan yaitu Ilmu. Aku rasa kalian semua juga ada yang mengalami hal serupa. Bener kan? Dengan segala perjuangan dan pengorbanan luar biasa, maka jangan sampai hal yang melelahkan itu cuma dapet capek atau menderita saja tanpa tahu arah dan tujuan. Oleh karenanya aku boleh nanya sekaligus mengingatkan sobat semua.

Apa sih sebenarnya yang kalian cari? Sekedar pengen mencari suasana baru? Atau pengen menjadi terkenal atau apa? Kalau hanya itu yang kita cari, pasti kalian semua akan merasa bosan, tidak betah, pengen pulang, kangen dengan orang tua, lingkungan dan teman baru yang tidak sesuai harapan dan lain sebagainya. Maka dari itu kuy luruskan niat. Keberadaan kita dengan berbagai kondisi yang kita alami, jauh dari keluarga untuk tujuan yang mulia yakni Luru Ilmu (Mencari ilmu) sebagai wasilah untuk dakwah, menyadarkan kepada generasi muda para remaja seperti kita agar semangat dalam belajar dan menuntut ilmu. Untuk mengharap ridho Allah semata. Biar apa yang kita lakukan tidak sia-sia. Dan kalau sobat semua sadari, masa depan bangsa ini ada di tangan kita, ada di pundak kita.

Nah, sekarang aku beritahu kalian apa itu ilmu? Ilmu adalah sesuatu yang bisa menuntun kita menuju Rabb kita yakni Allah Subhannahu Wata’ala.

Kenapa juga kita mesti bersusah-payah mencari ilmu, karena menuntut ilmu itu wajib hukumnya ya sobat. Masih ada yang belum percaya nih? Sini Naila akan berikan sebuah dalil yang berbunyi, “Rasulullah Shallallahu ‘alaih wasallam bersabda: Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim”. Sudah jelas banget kan ya!!!

Trus, kok kadang kalau kita melihat, masih banyak sih yang enggan belajar. Belajar disini adalah belajar tentang Islam dan kebaikan-kebaikan, bukan kemaksiatan ya gengs. Mungkin kebanyakan dari mereka enggan untuk menuntut ilmu karena kondisi keluarga dan lingkungan yang tidak mendukung. Belum lagi tontonan yang banyak melenakan generasi muda saat ini. Untuk hukum menonton ini insyaAllah akan penulis bahas di judul selanjutnya ya!!!

Nah kalo sudah tahu hukum menuntut ilmu, lantas kalian masih ogah-ogahan, masih mau bersenang-senang ja, enggan belajar? Tentu saja kembali ke diri kalian sendiri-sendiri, kalau niat dan tekad kalian sudah bulat, insyaAllah perjalanan dalam menuntut ilmu itu akan dimudahkan oleh Allah Subhannahu Wata’ala.

Wallahu ‘Alam bish Showwab…….