Oleh Puji Yuli

Saat ini kita berada di penghujung tahun 2020 Masehi. Esok hari kita akan memasuki lembaran baru di awal tahun 2021.Tentunya kita sebagai kaum muslimin dan muslimah perlu melakukan renungan dalam rangka muhasabah dan instropeksi diri. Kita bisa mengingat kembali apa saja yang sudah kita lakukan pada tahun 2020 bagi kemuliaan Islam dan kaum muslimin. Hal ini perlu kita lakukan agar kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran untuk bisa lebih baik lagi di tahun 2021.

Kalau kita lihat, di tahun 2020 kita diuji dengan adanya pandemi wabah virus covid 19. Dimana, banyak saudara kita yang gugur dan kehilangan pekerjaan karena adanya virus corona. Hal ini juga berpengaruh secara ekonomi juga sosial dan pendidikan yang semua dilakukan secara online. Sudahkah kita bisa berkontribusi bagi saudara kita kaum muslimin di masa pandemi covid 19.

Apakah di tahun 2020 kemarin kita sudah berkontribusi untuk kemuliaan Islam dan kaum muslimin? Apakah kita tetap semangat belajar mengkaji Islam meskipun dengan online? Apakah kita tetap semangat untuk berdakwah Islam dengan media sosial di tengah pandemi covid 19? Atau bahkan kita malas malasan dan pasrah dengan keadaan ini di tengah pandemi tahun 2020?. Tentunya, ini bisa menjadi bahan renungan kita sebagai kaum muslimin dan muslimah agar bisa mengambil ibrah alias pelajaran kondisi yang terjadi dan kita alami di tahun 2020 ini.

Wahai sahabat ku kaum muslimin, mari kita kuatkan ukhuwah Islamiyah kita di tahun 2021. Mari kita bergegas melakukan perbaikan dan hijrah untuk Islam secara totalitas demi meraih keridhoan Allah SWT dunia akhirat. Semoga tahun 2021 ini kita bisa lebih baik lagi dalam belajar Islam, berusaha melaksanakan Islam secara kaffah dalam kehidupan dan berusaha untuk semangat dalam dakwah Islam. Karena kita yakin bahwa Islam itu membawa rahmat bagi alam semesta dan agama yang diridhoi oleh Allah SWT. Semoga Islam dan kaum musliminbisa meraih kemuliaan di tahun ini. Aamiin Ya Allah SWT