(Insight buku On Tyranny karya Timoty Snyder )

Oleh : Debu Semesta

Buku On Tyranny karya Timoty Snyder. Sebuah buku yang saya ibaratkan seperti pisau bedah yang mampu membedah dan menganalisa apakah sebuah rezim yang berkuasan adalah rezim tiran atau bukan. Ada banyak indikator yang disampaikan Snyder dalam bukunya yang ternyata semua indikator itu ada dalam sebuah negri yang dihuni oleh pasangan fenomenal mas Aldebaran dan mbak Andin.

Bagaimana tidak, rezim yang berkuasa di negri yang ditinggali mas Al dan mbak Andin, sangat frontal dalam membungkam lawan lawan politik yang memposisikan diri sebagai pihak oposisi dengan berbagai macam label. Mulai dari anti pancasila, radikal dan berbagai narasi negatif lainnya. Selain itu, rezim yang berkuasa mulai menunjukkan tanda tanda membentuk partai tunggal. Semua lawan politik yang dulunya bersebrangan, kini menjadi 1 kubu dengan rezim. Pemilu yang dulu diikuti oleh rakyat yang sampai menyebabkan polarisasi ditengah rakyat, seakan tak ada arti ketika belakangan ini, pimpinan partai opisisi yang awalnya berjanji akan timbul tenggelam bersama rakyat, nyatanya takluk pada janji manis kekuasaan.

Kini, praktis tak ada lagi parpor yang menjadi oposisi. Semua 1 kubu dengan rezim. Padahal, banyak rakyat tau bahwa rezim yang berkuasa saat ini adalah rezim dzolim anti Islam.

Maka harus ada sebuah upaya, gerakan untuk melawan arus tirani. Sebuah gerakan yang tidak hanya sekedar melawan, tapi sebuah gerakan yang bisa memberi solusi. Jalan keluar untuk menyelesaikan semua permasalahan. Harus ada orang orang yang tergabung dalam sebuah gerakan yang menyeru kepada rakyat, membongkar semua kedzliman dengan data dan fakta. Menyampaikan solusi yang menyelesaikan semua masalah agar hegemoni rezim tiran bisa tergoyahkan.

Tapi, ada resiko yang harus ditanggung oleh gerakan yang berani melawan arus. Tentu saja tindakan represif dari rezim. Maka, harus ada strategi cantik untuk melawannya. Dan strategj itu bisa kita contoh dari Rosul SAW.

Apa saja strategi itu?

  • Dakwah pemikiran. Yang tujuannya merubah pola pikir rakyat agar memiliki pola pikir shohih. Pola pikir Islam. Baik buruk benar salah semua distandartkan pada Islam.
  • Dakwah tanpa kekerasan.
  • Dakwah bil hikmah. Menggunakan narasi narasi hikmah hingga bisa menggugah orang lain untuk kembali kepada Islam. Bukan penghakiman dan kata kata cacian atau umpatan.
  • Dakwah politis. Agar masyarakat melek politik Islam.