Oleh Puji Yuli

Pada tanggal 9 Januari 2021 ada berita bahwa pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta Pontianak mengalami kecelakaan. Saat itu tangis keluarga korban penumpang pesawat SJ 182 pecah saat melihat berita di televisi bahwa pesawat SJ 182 hilang kontak dan jatuh kecelakaan di kepulauan seribu. Duka keluarga kru pesawat maupun penumpang tercurah saat mendapatkan kabar musibah atas pesawat Sriwijaya air SJ 182. Mereka tidak menyangka bahwa tanggal 9 Januari 2021 itu hari terakhir mereka ketemu sebelum berangkat lepas landas dengan pesawat SJ 182.

Kejadian ini menimbulkan rasa duka yang mendalam bagi keluarga korban baik itu kru pesawat seperti pilot juga pramugari maupun bagi para penumpang SJ 182. Saat ini tim basarnas sedang melakukan pencarian jenazah maupun kotak hitam pesawat SJ 182 di laut kepulauan seribu. Kita tentunya mendoakan semoga kotak hitam maupun jenazah penumpang pesawat SJ 182 segera bisa diketemukan. Dari peristiwa ini kita bisa mengambil ibrah dan pelajaran yang penting tentang kehidupan di dunia ini yang bersifat sementara dan fatamorgana.

Dari musibah ini, kita diberikan pelajaran tentang arti bersyukur atas nikmat hidup dari Allah SWT. kita bisa mengambil pelajaran bahwa ajal kematian itu bisa datang kapan saja dan dimana saja tanpa kita ketahui secara pasti. Kita bisa melihat bahwa dunia ini sementara dan hanya tempat istirahat dan tidak kekal abadi. Maka dari itu, selagi kita masih hidup dan sehat gunakan waktu ini untuk berhijrah taat syariah Islam tanpa tapi dan tanpa nanti.

Dari sini, kita bisa mulai instropeksi diri untuk bertaubat dan beristighfar atas semua dosa kesalahan yang telah kita lakukan. Kita sebagai kaum muslimin bergegas hijrah terikat kepada hukum syara’ agar bisa meraih ridho Allah SWT. Kita berupaya belajar Islam secara kaffah sebagai pedoman hidup bagi Keluarga kita, Masyarakat dan negara agar bisa meraih keberkahan dan kemuliaan hidup ini. Ingatlah wahai sahabat muslimin bahwa hidup di dunia ini hanya sementara dan akherat itu kekal abadi. Mari rapatkan barisan ketaatan dengan hijrah menuju Islam kaffah. Karena kita yakin bahwa Islam adalah Rahmat bagi semesta alam….