Oleh: Yesi sukmawati
Aktivis Muslimah Karawang

Sebagaimana kita ketahui bahwa ikhlas adalah menerima semua ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Allah entah itu baik atau buruk menurut pandangan manusia. Tapi yakin semua itu yang terbaik dihadapanNya karena kita hanyalah manusia, diri ini sendiri juga milik Allah. Dimana dan kapan pun segala yang Allah berikan sebagai nikmat di dunia ini dapat diambil kembali sesuai kehendakNya. Karena itu, menjaga agar diri ini senantiasa ikhlas dalam setiap ketetapanNya sangatlah penting.

Setiap manusia mengharap diberkahi dengan kenikmatan hidup baik itu keluarga, harta dan tahta, semua itu adalah karunia yang diberikan Allah dalam wujud nyata dan terlihat. Selain itu masih banyak nikmat tak terlihat yang kadang kita tidak sadari seperti nikmat sehat, bernafas, bahkan ketika kita dapat merasa ikhlas itu juga adalah nikmat yang luar biasa.

Ikhlas itu memang tidak mudah butuh proses untuk melaluinya namun tetap harus kita usahakan. Ketika dalam jiwa ini selalu dipupuk untuk ikhlas karena Allah maka akan bersemayamlah iman yang tak ternilai harganya. Bahkan keikhlasan pada setiap takdir Allah itu tidak dapat dibeli walau serupiah pun harganya.

Sebagaimana ketika kita memberikan sesuatu baik berwujud materi atau non materi kepada orang lain hendaklah kita bersikap ikhlas tulus hanya mengharap
imbalan dari Sang Maha Kuasa. Jangan pernah menyebutkan pemberian yang sudah diberikan karena prilaku tersebut bisa menyakiti orang yang telah kita beri. Cukup hanya Allah saja yang tahu.

Lantas, bagaimna agar hati bisa ikhlas dalam setiap perbuatan:

  1. Kuatkan Niat
    Perkara niat ini penting dalam setiap perbuatan, maka niatkanlah apapun yang dilakukan semata-mata hanya karena Allah. Ketika semua niat karena Allah yakinlah keikhlasan dalam hati pun akan diraih.
  2. Optimistis
    Setiap kesulitan pasti ada kemudahan, ya. Itu janji Allah bahkan satu kesulitan Allah diapit dengan 2 kemudahan. Maka optimislah bahwa Allah akan memberikan jalan keluar tinggal sejauh mana ikhtiar yang dilakukan.
  3. Bersyukur
    Bersyukur adalah cara termanjur dalam menjalani kehidupan, sering-seringlah melihat perkara dunia ke bawah, lihatlah sodara-sodara kita yang kehidupannya jauh lebih sulit dari pada kita. Dengan demikian rasa syukur pun tercipta dan ikhlas menerima ketetapanNya.

Semoga dengan 3 poin di atas sebagai bentuk upaya kita untuk bisa ikhlas dalam menjalani kehidupan ini.

Abu Idris Rahimahullah berkata: “seseorang tidak akan bisa mencapai hakikat keikhlasan sampai ia tidak suka lagi di puji oleh seorang pun atas amalan yang dikerjakannya untuk Allah Azza wa jallah” [ Tarikh Dimasyq. 23/419 ]
Wallahua’alam.