Oleh : Ummu Aman (Anggota Komunitas Setajam Pena)

Bergulirnya kehidupan dunia dari masa ke masa, dari generasi ke generasi telah mengukir sejarah kehidupan manusia. Berbagai fase sejarah kehidupan manusia di dunia, bisa kita baca seberapa tinggi peradapan yang berkembang saat itu. Baik dari sistem kehidupan yang diambil, juga yang diterapkan di dalamnya.

Islam merupakan sistem kehidupan yang sempurna. Sebab bersumber dari wahyu Allah subhanahu wa ta’ala, zat pencipta sekaligus pengatur kehidupan. Ketika kehidupan manusia menggunakan agama Islam sebagai landasan kehidupan, maka kemuliaan hidup manusia akan terwujud.

Islam sebagai aqidah darinya akan terpancar aturan hidup yang lengkap dan sempurna. Yang meliputi seluruh aspek kehidupan manusia, semua aturan tadi memiliki strategi di dalam pelaksanaan dan penjagaannya sehingga mampu menghadirkan solusi yang paripurna. Islam layak menjadi inspirasi, aspirasi dan solusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Islam sebagai inspirasi terbaik karena bersumber dari wahyu Allah hingga mampu merespon dinamika persoalan sepanjang waktu. Terbentang masa sepanjang 14 abad penerapan aturan islam , sejak berdirinya daulah di Madinah oleh Rasulullah sampai khilafah Usmaniah di Turki cukup menjadi bukti bahwa konsep dan strategi Islam mampu menciptakan peradaban yang kokoh dan gemilang, yang darinya lahir negara adi daya yang berkedaulatan tinggi.

Dalam sistem ekonomi Islam memiliki kebijakan dalam pengaturan kekayaan yang mampu menciptakan kemakmuran, memastikan terjaminya kehidupan per individu rakyat akan kebutuhan sandang pangan dan papan serta terwujudnya jaminan bagi rakyat dalam bidang pendidikan kesehatan keamanan pertanian industri infrastruktur dan lainnya.

Rakyat benar-benar terjaga dan terlindung agama, harta, jiwa, akal dan kehormatannya. Dalam  kesempurnaan dan jaminan kehidupan terbaik inilah lahir generasi emas yang menjadi rahmat semesta alam.

Aturan islam yang sempurna dan terbukti menjamin kesejahteraan hidup layak menjadi aspirasi untuk diterapkan kembali dalam kehidupan saat ini.  Aturan islam akan selalu relevan terhadap kehidupan sepanjang zaman karena pada dasarnya persoalan hidup manusia sepanjang masa sama , hanya berbeda dalam hal waktu dan sarannya.

Islam tidak mengancam keberagaman, sejarah membuktikan di bawah naungan negara yang didirikan Rosulullah, orang-orang yahudi nasrani bisa hidup damai dalam mayoritas masyarakat muslim. Kebutuhan, keamanan dan kehormatan mereka terjamin sama dengan hak masyarakat muslim. Islam sebagai aspirasi justru bisa menjadi solusi atas tidak terwujudnya integrasi/keutuhan bangsa dlm system sekuler saat ini.

“Islam itu tinggi dan tidak ada yang menandinginya” (Hadist hasan riwayat ar-Rawiyani, ad- Daruquthni, al-Baihaqi, adh-Dhiya’).