Oleh : Reni Adelina

Sebagai seorang Muslimah, sudah sepatutnya kita bersyukur, karena banyak kisah teladan yang menginspirasi. Baik dari alur kisahnya hingga pada tokohnya. Jadi, tidak perlu repot-repot mengidolakan sesuatu yang tidak bermanfaat sampai lupa marwah sebagai Muslimah. Hingga harus berteriak histeris ketika artis idolanya muncul.

Ada kisah-kisah teladan dari bidadari dunia yang dirindukan surga. Siapa mereka? Mereka adalah wanita Muslimah yang super hebat, yang seluruh kisahnya patut menjadi teladan bagi wanita saat ini. Mereka di antaranya Fatimah binti Rasulullah, Maryam ibu Nabi Isa, Khadijah istri Rasulullah dan Asiyah istri Firaun.

Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah, memberikan inspirasi bagi wanita ketika berperan sebagai anak, beliau adalah anak yang berbakti kepada orang tuanya, menjaga ibadahnya, memiliki akhlak yang mulia, dan ilmu yang luas. Aisyah berkata, “Aku tidak pernah melihat seseorang yang serupa ucapannya mirip dengan Rasulullah selain Fatimah. ” (HR. Abu Daud)

Lalu ada Maryam binti Imron, ibu Nabi Isa, yang memberi contoh ketika wanita berperan sebagai wanita dewasa. Kisah beliau sangat luar biasa. Selalu menjaga kesuciaan diri, sehingga namanya sering di sebut dalam Al- Quran, sangkin istimewaya, terdapat nama Surah Maryam yang merupakan surah ke 19 dalam Al Quran

Setelah itu ada Khadijah, istri Rasulullah yang memberikan pesan luar biasa ketika wanita berperan menjadi istri. Peran Khadijah dalam mendukung dakwah Rasulullah begitu mengagumkan. Mulai dari dukungan moral, waktu, tenaga, harta, bahkan nyawa. Beliau pertaruhkan untuk menegakan agama Allah. Sehingga Khadijah menjadi istri yang begitu Rasulullah cintai.

Tak ketinggalan pula kisah dari Asiyah, istri Fir’aun, yang berperan ketika wanita diuji suami yang ingkar kepada Allah. Beliau adalah wanita yang selalu bersabar namun tetap teguh mempertahankan kehormatan dan keimanannya kepada Allah.

Dari Abu Musa ia berkata, Rasulullah bersabda “Manusia yang sempurna dari kalangan laki-laki itu banyak dan tidak ada manusia yang sempurna dari kalangan wanita kecuali Asiyah istri Fir’aun, Maryam binti Imran. Sungguh keutamaan ‘Aisyah bila di banding para wanita selainnya seperti kelebihan tsarid di atas seluruh makanan” (HR. Al Bukhari) . Begitulah sepenggal kisah empat wanita bidadari duni yang rindukan surga.

Bahkan banyak kisah lainnya yang dapat dijadikan inspirasi bagi Muslimah. Carilah inspirator yang tepat yang mampu membawamu pada ketaatan.

Wallahua’alam