Oleh Intan Puspa Arum (Siswi Kelas 11 Khoiru Ummah Kasihan Bantul)

Beberapa saat lalu viral berita tentang seorang siswa non muslim yang di paksa menggunakan kerudung di wilayah lingkungan sekolahnya. Hal ini menimbulkan gejolak di masyarakat, akibatnya tiga menteri mengeluarkan surat edaran yang bersangkutan dengan kasus ini. Edaran tersebut berisi larangan orang tua, guru serta sekolah mengatur penggunaan seragam siswa. Nantinya agar siswa memilih sendiri penggunaan seragam yang hendak dia gunakan.

Padahal saat-saat remaja adalah saat paling labil dan saat pencarian jati diri. Perlunya pengarahan dari para orang tua serta tenaga pendidik agar siswa tidak masuk ke jalan yang salah. Terlebih dengan berkembangnya teknologi saat ini, banyak hal negatif yang siap menerkam siswa negeri ini. Selain itu, surat edaran para Mentri seperti hanya mengikuti opini para remaja tanpa tau apa yang seharusnya dibutuhkan bukan hanya keinginan. Seharusnya sebagai pihak yang berwewenang pemerintah tau mana yang baik untuk rakyatnya bukan hanya mengikuti opini umum yang tak berlandaskan apapun.

Karena dalam Islam taat syariat adalah kewajiban. Dan salah satunya dengan menggunakan pakaian yang disyariatkan Allah SWT. Termasuk pakaian seragam sekolah.

Harapannya dengan adanya surat edaran tersebut tidak membuat bingung masyarakat, apalagi menjadi polemik di masyarakat. []